Rejanglebong (Antara) - Dua pelaku tindak pemerasan di Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, Kamis (15/5) sekitar pukul 08.00 WIB dihakimi ratusan warga setempat yang kesal terhadap aksi keduanya.

Kedua pelaku tindak pemerasan yang dihakimi ratusan warga Desa Sindang Jati, Kecamatan Sindang Kelingi itu yakni Bidayat (33) warga Desa Sindang Jaya, dan Supriyanto (30) warga Desa Sindang Jati. Kedua pelaku ini nyaris tewas dihajar ratusan warga karena aksi pemerasan yang dilakukan kedua orang ini sudah terjadi berulangkali.

"Aksi massa terhadap kedua pelaku ini terjadi Minggu pagi sekitar pukul 08.00 WIB, warga sudah kesal dengan kelakuan kedua pelaku ini dan dinilai sudah sangat meresahkan masyarakat. Mereka kerap melakukan pemerasan kepada warga yang memiliki warung mulai dari Rp100.000 sampai jutaan, dan puncaknya terjadi hari ini saat kesabaran warga habis sehingga terjadilah pengeroyokan terhadap keduanya," kata Yusuf, Kepala Desa Sindang Jati.

Kedua pelaku pemerasan ini kata dia, saat ini sudah diamankan petugas Polres Rejanglebong, untuk pelaku Supriyanto selain mengalami luka lebam dibagian wajah dan mata kiri, luka dibagian kepala serta patah gigi. Sedangkan rekannya Bidayat mengalami luka lebam dibagian wajah dan bagian tubuh lainnya.

Kedua pelaku ini sebelum dibawa ke Mapolres Rejanglebong sempat diamankan petugas dari Polsek Sindang Kelingi, yang datang kelokasi kejadian sehingga nyawa bisa tertolong dan segera dilarikan ke RSUD Curup.

Sementara itu Kapolres Rejanglebong AKBP Edi Suroso membenarkan adanya kejadian pengeroyokan kedua terduga dalam kasus pemerasan tersebut, dan saat ini masih dilakukan pengobatan dan akan segera dilakukan pemeriksaan.

Sebelumnya warga Desa Sindang Jati dan Sindang Jaya Kecamatan Sindang Kelingi, pascapemilu 9 April 2014 lalu diresahkan aksi pemerasan dan meningkatnya tindak kriminalitas oleh kelompok tidak dikenal dan orang-orang yang berasal dari salah satu tim sukses caleg gagal. Akibat aksi ini warga daerah itu sempat mengungsi keluar desa guna mengamankan diri.***1*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014