Timnas Laos U-19 berhasil mengamankan posisi puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF U-19 usai mengalahkan Singapura dengan skor 3-1 di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu.
 
Pada pertandingan ini, gol Laos dicetak oleh Phoutthavong Sangvilay, Sisouphonh Ackhavong dan Athit Louanglath, sedangkan Singapura sempat membalas berkar gol dari Khairin Nadim Rahim.
 
Perolehan tiga poin ini memastikan Laos menduduki puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF U-19 dengan total 9 poin dari tiga laga, sedangkan Singapura berada di posisi terakhir dengan satu poin dari empat pertandingan.
 
Pada babak pertama, Laos mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu membobol gawang Singapura pada menit ke-6 melalui tendangan bebas dari Phoutthavong Sangvilay sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Mampu unggul satu gol, Laos tetap memberikan tekanan kepada lini pertahanan Singapura, salah satunya tembakan dari gelandang Sayfon Keohanam yang masih menyamping dari gawang Firman Nabil.
 
Laos kembali memberikan ancaman ke gawang Singapura, kali ini melalui sundulan Peeter Phanthavong yang masih bisa diamankan Firman Nabil.
 
Singapura sempat memberikan ancaman ke lini pertahanan Laos melalui tendangan yang dilepaskan oleh penyerang Muhamad Ali Manaf, namun masih bisa dimentahkan kiper Phounin Xayyasone.
 
Laos mampu menggandakan keunggulan pada waktu tambahan babak pertama melalui tendangan penyerang Sisouphonh Ackhavong sehingga skor berubah menjadi 2-0 yang bertahan hingga turun minum.
 
Pada babak kedua, Singapura mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dalam rangka memperkecil ketertinggalan, salah satunya melalui tendangan keras penyerang Khairin Nadim Rahim yang masih melambung di atas mistar gawang Laos.
 
Laos berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-70 melalui tendangan Athit Louanglath yang memanfaatkan situasi kemelut di kotak penalti Singapura.
 
Pasukan Laos hampir menambah keunggulan menjadi 4-0 andai sontekan dari penyerang Athit Louanglath tidak menyamping dari gawang Singapura.


Komentar Pelatih

Pelatih Timnas Laos U-19 Hans Michael Weiss mensyukuri keberhasilan timnya melaju ke semifinal Piala AFF U-19 usai mengalahkan Singapura 3-1 di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu.
 
Berbicara seusai pertandingan di Jakarta, Weiss menjelaskan keberhasilan ini patut dirayakan, terlebih Laos tidak sering melaju ke semifinal turnamen skala Asia Tenggara.
 
"Kami berada di posisi puncak grup sekarang, kami ingin mengamankan tempat itu semoga, kami akan melihat apa yang terjadi pada pertandingan selanjutnya menghadapi Malaysia," ujar Weiss.
 
"Yang terpenting adalah lolos, kami sangat senang Laos melakukannya, kami memenangi tiga pertandingan, itu tidak sering terjadi, jadi kamu harus merayakan itu ketika waktunya datang," sambungnya.
 
Pelatih asal Jerman itu lanjut mengatakan, saat ini kondisi pemainnya tidak sepenuhnya bugar karena jadwal yang padat pada turnamen ini.
 
Ia belum bisa memastikan apakah akan melakukan rotasi pada pertandingan menghadapi Malaysia pada Senin mendatang dan akan menantikan kondisi dari pemainnya.
 
"Saya harus melihat situasi selanjutnya, kami memiliki opsi (rotasi) itu, kami akan mempertimbangkannya," jelas Weiss.
 
"Turnamen ini berjalan ketat, dan para pemain tidak bisa melakukan pemulihan sepenuhnya, kamu melakukan kesalahan sederhana, kamu tidak bisa berlari sesuai keinginanmu, beberapa memiliki otot yang tegang," sambungnya.
 
Selanjutnya Laos akan menghadapi Malaysia pada pertandingan terakhir Grup B Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (12/7).

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022