Bengkulu (Antara) - Telkom Indonesia pada triwulan II-2014 berencana memasang 677 akses point sambungan internet di Provinsi Bengkulu.

"Akses point ini berupa jaringan internet wifi, dan posisi saat ini sudah terpasang sebanyak 427 titik," kata Executive General Manager Telkom Indonesia Achmad Sugiarto di Bengkulu, Senin.

Dia mengatakan pemasangan jaringan internet nirkabel tersebut tersebar di seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu.

"Akhir Juni kami upayakan sebanyak 623 titik wifi sudah diinstalasi untuk Provinsi Bengkulu," katanya.

Dia mengatakan, titik instalasi wifi terbanyak berada di Kota Bengkulu karena merupakan ibu kota dari Provinsi Bengkulu.

"Sekitar 60 persen kita pasang untuk Kota Bengkulu, dan 40 persen tersebar di kabupaten lainnya," kata Achmad.

Menurut dia, dengan pemasangan sistem jaringan internet wifi, pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu dapat mengupayakan percepatan pertumbuhan perekonomian daerah.

"Dengan jaringan internet, seluruh instansi mampu meningkatkan efisiensi kerja, menyelesaikan tugas juga lebih efektif," ucapnya.

Untuk percontohan, pihaknya akan memasang koneksi internet nirkabel tersebut pada sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di provinsi itu.

"Seperti di Kota Bengkulu, lima puskesmas rencananya akan kita jadikan sebagai percontohan, kita juga berencana memasang di sekolah, kampus dan instansi lainnya," kata Achmad.

Dia mengatakan Telkom telah bertemu dengan pemerintahan setempat untuk menentukan titik-titik akses yang diizinkan untuk dipasang perangkat wifi.

"Kita telah melakukan penjajakan, hari ini kita bertemu dengan wali kota dan sekda Pemerintah Kota Bengkulu," ujarnya ***2***

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014