Jakarta, (Antara) - Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla tiba di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis pagi, untuk menjalani tes kesehatan sebagai persyaratan mengikuti Pilpres 2014.

         Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla tiba di RSPAD bersama-sama pada pukul 07.42 WIB. Keduanya tampak kompak mengenakan kemeja putih.

         Sesaat setelah tiba, keduanya yang disambut jajaran manajemen RSPAD, tim dokter serta komisioner KPU Hadar Nafis Gumay dan Ferry Kurnia lantas menuju ke dalam untuk berganti pakaian khusus tes kesehatan yang telah disediakan pihak RSPAD.

         Berdasarkan keterangan KPU, pemeriksaan kesehatan terhadap bakal capres-cawapres dijadwalkan berlangsung selama delapan jam hingga pukul 16.00 WIB.

         Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Zaenal Abidin, MH Kes, pemeriksaan itu antara lain dilakukan terkait analisis riwayat kesehatan sebelumnya, pemeriksaan jiwa, pemeriksaan jasmani meliputi penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, pemeriksaan paru-paru, bedah, urologi, orthopedi, pemeriksaan neurologi atau syaraf, mata, THT, serta pemeriksaan gigi mulut.

         Selain itu juga akan dilakukan pemeriksaan penunjang jika ditemukan indikasi-ndikasi penyakit tertentu.

         "Pemeriksaan penunjang termasuk pemeriksaan penunjang wajib yakni USG dan abdomen, lalu ada threadmill, ada pemeriksaan darah, urine, ginjal, serta pemeriksaan jika ada indikasi tumor," kata Zaenal di RSPAD Gatot Soebroto.

         Adapun pemeriksaan kesehatan untuk pasangan capres-cawapres lainnya yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dijadwalkan akan dilakukan, Jumat (23/5).    
***1***   

Pewarta: Oleh Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014