Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi pasar jajanan atau pasar kaget selama Ramadhan tahun ini sebesar Rp171 juta.

"Target PAD sewa tempat pasar kaget selama bulan puasa Ramadhan tahun ini sebesar Rp171 juta, dengan rincian di lokasi Pasar Atas Curup dan pasar Bang Mego sebesar Rp15 juta dan untuk sewa tempat dan tenda di eks terminal Pasar Atas ditargetkan sebesar Rp156 juta," kata Bupati Rejanglebong Suherman di Rejanglebong, Minggu.

Target PAD dari pasar di daerah tersebut kata dia, sudah disampaikan ke pihak DPRD setempat dalam rapat paripurna pembahasan lima raperda yang diajukan Pemkab Rejanglebong pada 30 Mei 2014 lalu, yang tiga diantaranya merupakan raperda tentang retribusi daerah salah satunya retribusi pasar dengan perubahan objek dan besaran retribusi.

Untuk itu dia berharap dengan adanya penambahan objek dan perubahan tarif retribusi pada tiga raperda ini nantinya dapat meningkatkan kemampuan keuangan daerah dalam pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan, sehingga mereka ajukan guna mendapat persetujuan dewan agar pemungutannya nanti benar-benar bermanfaat khususnya dari penyedia sarana dan prasaran, perizinan serta pelayanan yang diberikan.

Sementara itu untuk sewa tenda pedagang di lokasi pameran dan bazar HUT Kota Curup beberapa waktu lalu kata dia, dilakukan pihak ketiga.

"Sewa tenda bagi pedagang dalam rangka hari jadi Kota Curup ke 134 di lapangan Setia Negara tidak termasuk penerimaan retribusi daerah, mengingat pengelolaan dan kepemilikannya bukan oleh pemerintah daerah, tetapi dikelola dan dimiliki oleh pihak ketiga dengan ketentuan daerah Pemkab Rejanglebong mendapatkan bagian yang disetor ke kas daerah melalui rekening pendapatan lain-lain," katanya.

Pada kegiatan acara bazar dan pameran peringatan HUT Kota Curup yang dilaksanakan 21 - 29 Mei 2014 tersebut kata dia, pihak ketiga selaku pengelola sewa tenda pedagang mendapatkan biaya sewa tenda sebesar Rp151 juta, dimana dari jumlah itu sebesar 10 persen diberikan ke daerah atau berjumlah Rp15,1 juta.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014