Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Bengkulu, akan melengkapi objek wisata Danau Nibung dengan sejumlah perahu karet sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dari atas air.   

"Tahun 2014 ini disediakan dana sebesar Rp80 juta dalam APBD untuk melengkapi sarana wisata di Danau  Nibung," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Sapuan di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan sejumlah perahu karet akan ditempatkan di Danau Nibung yang juga dikenal dengan nama Danau Bintang Tujuh.

Menurut dia, perahu karet dengan kapasitas penumpang sebanyak 12-14 orang itu disediakan oleh pemerintah setempat supaya banyak pilihan bagi pengunjung yang mau menikmati pemandangan di objek wisata tersebut.

"Perahu karet ini kami sediakan agar dapat digunakan oleh wisatawan yang berkunjung, kami siapkan untuk menyambut libur lebaran nanti," ujarnya.

Namun, kata dia, pihaknya belum menentukan tarif yang berlaku bagi wisatawan untuk menyewa perahu karet tersebut karena masih dikoordinasikan dengan Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) dan Dinas Pendapatan dan Kekayaan Daerah (DPKD) Mukomuko.

"Pembahasan dengan KPTSP terkait perizinan penggunaan perahu karet tersebut, sedangkan dengan DPKD soal tarif atau retribusinya," ujarnya.

Sapuan menjelaskan jika perahu karet itu sudah berjalan maka pemasukan dari retribusi sewa perahu karet itu akan menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Ia mengatakan penambahan jumlah perahu karet sebagai sarana penunjang objek wisata di daerah akan diusulkan secara bertahap setiap tahun.

"Masih ada lagi objek wisata air lain seperti Danau Lebar yang butuh perahu karet untuk memenuhi kebutuhan pengunjung di sana," katanya.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014