Rejanglebong (Antara) - Harga jual beras lokal di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, menjelang bulan Ramadhan 1435 Hijriah masih stabil dan bertahan di kisaran Rp8.250 per kilogram, kata Mulyadi, salah seorang pengusaha penggilingan padi di Desa Air Meles Atas.

"Harga beras lokal saat ini masih stabil dan belum menunjukkan kenaikan, sedangkan untuk stok juga cukup banyak karena sekarang sedang musim panen padi. Untuk harga beli beras dari petani Rp7.800 per kg, sedangkan harga jual dari penggilingan ke pedagang Rp8.250 per kg," kata Mulyadi (48) di Desa Air Meles Atas, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejanglebong, Rabu.

Beras lokal yang ada di daerah tersebut, kata dia, merupakan hasil pertanian sawah yang kebanyakan berasal dari kawasan irigasi Air Musi Kejalo terutama dari Desa Cawang Lama dan Cawang Baru, kemudian dari Desa Simpang Suban Kecamatan Curup Timur dan beberapa desa lainnya serta dari Kabupaten Lebong.

Pada musim panen padi tiba dirinya perbulan mampu menampung hingga 10 ton padi dengan jenis IR-64 dan ceugelis.

Kendati bulan puasa Ramadhan tinggal beberapa pekan lagi sejauh ini kata dia, permintaan beras dari kalangan pedagang di Kota Curup dan sejumlah kecamatan lainnya belum mengalami peningkatan, kendati demikian dirinya telah menyiapkan stok beras mencapai 20 ton untuk mengatisipasi jika terjadi kekosongan suplai dari petani.

Sementara itu, di beberapa pasar tradisional di Kota Curup, harga beras ditingkatan pedagang pengecer masih bervariasi untuk beras lokal daro Kelurahan Talang Benih saat ini menunjukkaan harga tertinggi dibandingkan yang lainnya dengan kisaran Rp13.000 per kg, sedangkan untuk beras lokal dari kecamatan lainnya dijual rata-rata Rp8.500 - Rp10.000 per kg tergantung dengan kualitas berasnya.

"Saat ini harga beras lokal cenderung turun dari harga sebelumnya karena sekarang banyak beras dari luar daerah yang masuk ke Curup seperti dari Lampung dijual rata-rata Rp10.000 per kg, kemudian beras dari Sumsel seperti dari Belitang dan Musi Rawas yang dijual  pedagang antara Rp8.000 - Rp9.000 per kg," kata Tini (50), salah seorang pedagang beras di kawasan Pasar Atas Curup.***2*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014