Sydney, Australia (Antara/AFP) - Pemain bintang Tiongkok Lin Dan bangkit setelah kalah dalam game pertama dengan mengungguli Simon Santoso dan memenangkan turnamen World Superseries Australian Badminton Open, di Sydney, Minggu.

Peraih dua kali medali emas Olimpiade  dan pemegang lima kali juara dunia itu mengalahkan Simon yang berada di peringkat 18 dunia dalam rubber games 22-24, 21-16, 21-7 yang berlangsung selama 75 menit.

Turnamen tersebut merupakan turnamen final World Superseries yang diikuti Lin Dan dalam dua tahun terakhir dan dia berhasil mengambil kesempatan pada game kedua.

Lin, 30, yang dianggap sebagai pemain bulu tangkis terbaik sepanjang masa, harus mengikuti babak kualifikasi terlebih dulu untuk bisa lolos ke turnamen Australia Open setelah peringkatnya turun ke peringkat 104 akibat tidak bertanding selama tujuh bulan sebelumnya.

Dia masuk ke final dan naik ke peringkat 22. Diperkirakan peringkatnya akan terus naik menyusul kemenangannya di Sydney tersebut.

Santoso yang sudah mengalami kekalahan sebanyak 10 kali dari 11 kali pertemuannya dengan Lin, tetapi ia tampil meyakinkan di lapangan ketika ia secara mengejutkan mengalahkan bintang Cina tersebut di game pertama.

Pebulutangkis India Saina Nehwal memenangkan babak final tunggal putri dengan dua game langsung saat melawan Carolina Marin (Spanyol). Nehwal yang menduduki peringkat 8 dunia berhasil membobol pertahanan Marin yang tiga peringkat lebih rendah darinya sejak awal pertandingan dengan dua game 21 - 18, 21 - 11 dalam 43 menit.

Ini merupakan kali pertama Nehwal mencapai final turnamen Superseries Dunia dalam 20 bulan dan dia berhasil mencapainya dengan mengalahkan pemain andalan Tiongkok Wang Shixian dalam tiga games pada babak semifinal, Sabtu (28/6).

Lee Yong-Dae/ Yoo Yeon-Seong (Korea Selatan) memenangkan sektor ganda putra mengalahkan ganda putra Taipei Lee Sheng-Mu/ Tsai Chia-hsin dalam dua game 21-14, 21-18.

Sementara duet ganda putri Tiongkok Qing Tian/ Zhao Yunlei memenangkan babak final di sektor ganda putri setelah menundukkan Misaki Matsutomo/ Ayaka Takahashi (Jepang) 21-15, 21-9.

Ko Sung-Hyan/ Kim Ha-Na (Korea Selatan) merebut kemenangan di sektor ganda campuran setelah mengalahkan pasangan Jerman Michael Fuchs/ Birgit Michels dua game 21-16, 21-17.

Sementara turnamen Superseries selanjutnya akan digelar di Denmark pada 14 - 19 Oktober 2014.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014