Rejanglebong (Antara) - Sebanyak 10 kelompok usaha bersama (Kube) di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, tahun ini akan mendapatkan bantuan modal usaha dari pemerintah pusat dengan besaran mencapai Rp200 juta.

"Sebanyak 10 kelompok usaha bersama atau Kube yang ada di Kecamatan Curup Timur tahun ini akan mendapatkan bantuan modal usaha dari pihak Kemensos-RI dengan jumlah Rp200 juta atau perkelompoknya akan menerima bantuan sebesar Rp20 juta," kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Rejanglebong, Bambang Irawan di Rejanglebong, Jumat.

Bantuan modal usaha tersebut, lanjutnya, diberikan kepada kelompok ekonomi produktif yang ada di Kelurahan Kesambe Lama dan Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Curup timur. Bantuan ini diberikan pemerintah pusat dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan penciptaan lapangan usaha sehingga dapat mengatasi kemiskinan di wilayah itu.

Kelompok yang menerima bantuan ini perkelompoknya beranggotakan sebanyak 10 orang, dengan pembagian kelompok penerima antara lain usaha peternakan kambing, peternakan sapi, usaha cuci mobil dan motor, tambal ban dan usaha bidang lainnya.

Dana bantuan modal usaha ini disalurkan melalui rekening masing-masing kelompok yang rencananya akan dicairkan dalam waktu dekat ini. Untuk itu para kelompok penerima diminta untuk menjalankan usahanya dengan baik sehingga bisa berkembang dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Para kelompok penerima bantuan ini nantinya akan dipantau langsung oleh pihaknya, bagi kelompok yang tidak bisa mengembangkan usahanya maka pada tahun selanjutnya tidak akan mendapatkan bantuan serupa, sedangkan yang bisa mengembangkan usahanya dengan baik maka akan diperioritas menerimanya kembali. ***2***  

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014