Bengkulu (Antara) - Tim pengamanan Provinsi Bengkulu menggelar apel pasukan dengan nama Ketupat Lebaran 2014 terkait persiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Kita siapkan sebanyak 1.400 personel, untuk mengamankan mulai arus mudik, lebaran dan arus balik,  dan akan mengamankan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu," kata Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Tatang Soemantri di Bengkulu, Senin.

Dia mengatakan pihak kepolisian menggelar pengamanan ketat mulai dengan tahap identifikasi daerah, pemetaan, dan menyiagakan personel pengamanan sesuai kebutuhan.

Kita identifikasi dan petakan daerah yang rawan tikungan, turunan, longsor, kecelakaan dan rawan kriminal," kata dia.

Sehingga dengan pemetaan tersebut diketahui kebutuhan personel gabungan yakni tergabung dari personel Polri, TNI, DLLAJ, Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum, dan Jasa Raharja.

"Seperti di daerah jalan lintas yang berada di pegunungan telah disiagakan alat berat, untuk mengamankan ruas jalan jika sewaktu-waktu ada longsor. Pol air dan Lanal, siaga di perairan Bengkulu," kata dia.

Untuk rawan kriminal, Kapolda Bengkulu itu mengatakan, pihaknya mengoptimalkan patroli dan operasi gabungan dari pihak keamanan di daerah itu.

"Kami akan mengedepankan patroli preventif gabungan TNI, Polri dan Satpol PP, serta patroli gabungan dengan masyarakat," ucapnya.

Bagi oknum yang meresahkan dan bersifat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat serta jalur lintas penghubung Provinsi Bengkulu dengan daerah tetangga, Kapolda menginstruksikan diberlakukan tindakan tegas.

"Saya instruksikan tindakan tegas dan terukur, terkait teknis tindakan itu sesuai prosedur, mohon jangan disalahartikan," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014