Rejanglebong (Antara) - Komando Distrik Meliter 0409 Rejanglebong, Bengkulu, menerjunkan 250 personel bantuan untuk pengamanan Idul Fitri 1435 Hijriah dalam tiga kabupaten di daerah itu.

"Personel TNI yang diterjunkan untuk membantu pengamanan Idul Fitri 1435 Hijriah sebanyak 250 orang. Anggota TNI yang diterjunkan ini akan membantu pihak kepolisian dalam pengamanan lebaran baik di Kabupaten Rejanglebong, Kepahiang, maupun Kabupaten Lebong," kata Komandan Kodim 0409 Rejanglebong Letkol Kav Sugi Mulyanto didampingi Pasi Intel Lettu Botani Kenedy di Rejanglebong, Senin.

Anggota TNI yang diterjunkan ini kata dia, selain berasal dari Kodim 0409 Rejanglebong juga berasal dari Kompi Yonif 144 Jaya Yudha, personil TNI ini akan ditempatkan dalam tiga wilayah yang dibawahi Kodim 0409 Rejanglebong yaitu pada jalur mudik di jalan lintas Curup Kabupaten Rejanglebong dengan Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumsel. Selanjutnya di jalan lintas Curup-Kabupaten Lebong dan jalan lintas Curup dengan Kabupaten Kepahiang.

Pasukan TNI ini dilapangan tambah dia, dilengkapi persenjataan lengkap dan ditempatkan di sejumlah Pospam yang didirikan masing-masing pemerintah kabupaten selain bertugas menjaga keamanan di masyarakat anggota TNI ini juga membantu polisi dalam pengamanan arus mudik dan balik terutama di daerah rawan tindak kejahatan.

Sementara itu Kapolres Rejanglebong AKBP Edi Suroso menyebutkan pada pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun ini akan menerjunkan 100 personil gabungan yang akan ditempatkan dalam lima Pospam bersama dengan petugas dari dinas kesehatan, perhubungan, Satpol-PP, pramuka, orari, anggota Brimob dan TNI AD.

Personel Polres Rejanglebong yang diturunkan tersebut kata dia, berasal dari berbagai kesatuan serta personwl penembak jitu dari Polda Bengkulu. Petugas ini akan difokuskan mengamankan jalan lintas Curup-Lubuklinggau, Provinsi Sumsel yang rawan kecelakaan lalu lintas serta rawan tindak kejahatan berupa perampokan dan perampasan kendaraan bermotor.

Adapun lima Pospam lebaran yang ada di daerah ini empat di antaranya didirikan di kawasan rawan kejahatan terutama disepanjang jalan lintas Curup-Lubuklinggau di antaranya di Desa Taba Padang dan  Dusun Gardu di Kecamatan Binduriang, kemudian di Desa Tanjung Aur Kecamatan Sindang Kelingi dan di kawasan Danau Mas Harus Bestari (DMHB) Kecamatan Selupu Rejang, sedangkan satu unit lainnya didirikan di kawasan pasar Bang Mego Kecamatan Curup.

Pada pengamanan lebaran ini petugas dilapangan diperintahkan melakukan tindakan tegas kepada pelaku tindak kejahatan yang meresahkan pengguna jalan lintas Curup-Lubuklinggau yakni perintah tembak di tempat.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014