Mukomuko (Antara) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengimbau pemudik yang melintas di Jalan Lintas Barat di daerah itu agar mewaspadai satu titik jalan nasional tersebut yang rawan longsor.

"Di daerah ini ada satu titik Jalan Lintas Barat (Jalinbar) yang rawan longsor, kami mengimbau agar pemudik waspada saat lewat di jalan tersebut," kata Kabid Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Aman Setiawan, di Mukomuko, Rabu.

Ia menyebutkan, lokasi Jalinbar yang rawan longsor tersebut terdapat di Bukit Solang, Kecamatan Lubuk Pinang.

Menurut dia, di lokasi jalan tersebut terdapat tebing tinggi dan tebing tersebut sangat mudah longsor saat daerah itu diguyur hujan lebat.

"Kalau sedang musim hujan, tebing tersebut sangat mudah longsor dan material longsor bisa menutupi hampir sebagian besar badan jalan," ujarnya.

Namun, kata dia, beberapa hari ini cuaca di daerah itu sedang panas sehingga tebing tidak longsor dan aman bagi pemudik yang melintas di jalan tersebut.

Ia berharap, cuaca panas di daerah itu dapat bertahan selama lebaran ini agar tebing tersebut tidak longsor.

Ia menerangkan, kalau pun terjadi longsor di jalan tersebut, ada alat berat Dinas Pekerjaan Umum (DPU) yang disiapkan untuk menyingkirkan material longsor tersebut.

"Kita punya alat berat di DPU yang selalu siap kalau memang terjadi longsor di jalan tersebut," ujarnya lagi.

Selain di lokasi tersebut, kata dia, di Jalinbar tergerus abrasi pantai di daerah itu juga rawan namun di jalan tersebut akan dipasang rambu peringatan. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014