Rejanglebong, (Antara) - Penumpang arus balik lebaran dari Kabupaten Rejanglebong Bengkulu, tujuan kota-kota di Jawa pada H+4 hari raya Idul Fitri 1435 Hijriyah meningkat drastis.

Pantauan di beberapa loket bus antar kota di Kota Curup dan terminal type-A Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang, yang sebelumnya sepi penumpang saat ini dipenuhi penumpang bus yang akan datang dari Kota Bengkulu melwati rute daerah itu. Para penumpang ini umumnya para pemudik yang berlebaran di daerah itu dan akan kembali lagi ke daerah asalnya untuk masuk kerja pada Senin (4/8) nanti.

"Tiketnya sudah ada sekarang cuma menunggu bus yang datang dari Bengkulu, kemarin saat mudik ke sini kami sudah pesan tiketnya sejak jauh-jauh hari. Kalau berangkat hari ini perkiraan kalau tidak terlambat malam Minggu nanti sudah sampai di Jakarta, karena hari tanggal 4 Agustus sudah masuk kerja lagi," ujar Antoni (45) karyawan perusahaan swasta di kawasan Jakarta Timur, Jumat sore.

Untuk perjalanan mudik lebaran ini dirinya kata dia, kembali ke tanah kelahirannya bersama dengan isteri dan kedua anaknya. Selain untuk berlebaran juga untuk mengobati rasa kangennya bertemu dengan keluarga besarnya di Curup.

Kendati perjalanan mudik dengan menggunakan angkutan umum ini terbilang membosankan terlebih lagi jika sedang ada keterlambatan saat penyebaran di pelabuhan Merak-Bakauheni, namun katanya mudik naik bus jauh lebih irit mengingat harga tiketnya cukup terjangkau untuk kelas AC bisnis tujuan Curup- Jakarta hanya berkisar Rp350.000 untuk dewasa dan anak-anak Rp150.000 perorangnya.

Sementara itu menurut Edi (56) salah seorang pengelola loket bus antar kota di kawasan terminal type-A Simpang Nangka, penumpang arus balik lebaran di daerah itu mulai terlihat ramai sejak H+3 lebaran atau Rabu (30/7) lalu. Para penumpang ini umumnya tujuan Jakarta dan kota-kota di Jawa lainnya seperti Tanggerang, Bandung, Solo, Semarang serta daerah lainnya.

"Para penumpang ini sudah memesan tiket sejak jauh-jauh hari dan tinggal menunggu keberangkatan saja. Para penumpang yang akan kembali ke kota-kota di Jawa ini terlihat sejak hari Rabu lalu dan diperkirakan akan terus meningkat sampai hari tanggal 3 Agustus nanti," ujarnya. ***2***

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014