Mukomuko (Antara) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mencatat daftar tunggu jemaah calon haji asal kabupaten itu telah terisi hingga tahun 2022.

"Daftar tunggu haji kita sampai tahun 2022, dengan jumlah warga yang mendaftar sebanyak 1.300 orang," kata Kasi Umroh dan Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, Widodo, di Mukomuko, Kamis.  

Ia mengatakan, panjangnya daftar tunggu jemaah calon haji asal daerah itu karena jumlah kuota haji yang diberikan oleh pusat untuk Mukomuko setiap tahun hanya 140 orang.

Sementara, kata dia, jumlah warga setempat yang mendaftar haji ke instansi setiap tahunnya terus bertambah.

"Kuota haji untuk daerah ini setiap tahunnya sangat terbatas, semenjak adanya pengurangan kuota haji secara nasional," ujarnya.

Ia menerangkan, meskipun sebanyak 1.300 orang yang masuk dalam daftar tunggu namun mereka tetap wajib menyetorkan uang muka untuk biaya perjalan haji (BPIH) sebesar Rp25 juta per orang.

"Uang muka tersebut disetorkan langsung ke rekening Kementerian Agama. Kami di daerah ini sebatas memberikan rekomendasi saja," ujarnya lagi.

Sementara itu, kata dia, untuk musim haji tahun 2014 ini sebanyak 138 orang jemaah calon haji asal daerah itu yang berangkat ke Mekah.

"Jumlah jemaah yang berangkat itu berkurang dari kuota sebanyak 140 orang," ujarnya.

Ia mengatakan, kuota haji asal daerah itu tahun ini tidak terpenuhi sebanyak 140 orang karena dua orang calon jemaah haji (CJH) yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) meninggal dunia dan satu orang sakit.

Namun, lanjutnya, karena ada penambahan satu orang CJH asal dari itu dapat kuota nasional sehingga jumlah CJH yang berangkat haji tahun ini menjadi 138 orang.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014