Rejanglebong (Antara) - Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) Kabupaten Rejanglebong Bengkulu, pada tahun ini menerima bantuan pembangunan gedung sekolah menengah atas (SMA) negeri dari pemerintah pusat.

"Alhamdulillah proposal pengajuan usulan pembangunan gedung SMA negeri di Kecamatan Sindang Beliti Ilir tahun ini akan segera dibangun oleh pemerintah pusat, saat ini sekolah tersebut sudah menerima murid baru yang jumlahnya mencapai 37 siswa, para pelajar ini untuk sementara waktu menumpang di SMP negeri Sindang Beliti Ilir," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rejanglebong, Zakaria Effendi di Rejanglebong, Selasa.

Sebelumnya usulan pembangunan gedung SMA baru di daerah tersebut kata dia, mereka usulkan di pada dua kecamatan yang belum memiliki sekolahan tingkat SMA yakni di Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) dan Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU) namun baru direalisasikan di Kecamatan SBI, sedangkan untuk kecamatan SBU rencananya akan dibangun pemerintah pusat tahun depan.

Untuk itu pihaknya saat ini masih menunggu penandatanganan MoU dengan pihak Kemendiknas dan pelaksanaan titik nol pembangunan gedung sekolah dengan enam lokal serta fasilitas pendukung lainnya di atas lahan yang telah mereka sediakan seluas dua hektare.

Usulan pembangunan dua gedung sekolah di daerah itu kata dia, sangat mendesak selain untuk memudahkan anak-anak dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga bertujuan mengurangi anak yang putus sekolah lantaran jarak antara rumah dan sekolahan cukup jauh dan terletak di kecamatan lainnya seperti ke Kecamatan Padang Ulak Tanding, Binduriang, Kota Padang maupun yang harus bersekolah ke Kota Curup.

Usulan pembangunan dua sekolah ini diperkirakan akan menelan biaya mencapai Rp3,5 miliar yang jika pembangunannya dibebankan ke APBD setempat maka sulit terealisasi karena terbatasnya anggaran yang dimiliki daerah itu. Untuk itu pihaknya telah menyiapkan lahan di Kecamatan SBI seluas 1,3 hektare dan di Kecamatan SBI seluas dua hektare.

Setiap tahunnya kalangan siswa SMP yang tamat sekolah dari dua kecamatan ini mencapai 800 orang, dengan rincian di Kecamatan Sindang Beliti Ilir terdapat tiga sekolah SMP negeri dengan jumlah siswa mencapai 441 siswa dan di Kecamatan Sindang Beliti Ulu juga memiliki tiga sekolah SMP negeri dengan jumlah siswa yang tamat setiap tahunnya mencapai 400 siswa.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014