Mataram (Antara)- Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menggelar pesta rakyat dan menyiapkan makanan gratis untuk 5.000 lebih warga dalam rangkaian HUT ke-21 Kota Mataram pada 31 Agustus 2014.

"Dalam pesta rakyat itu warga Kota Mataram boleh makan sepuasnya, karena pemerintah sudah menyiapkan lebih dari 5.000 porsi di lapangan Taman Sangkareang," kata Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh di Mataram, Kamis.

Kegiatan pesta rakyat dilaksanakan pada puncak peringatan HUT Kota Mataram yang akan dilaksanakan 1 September 2014 pada malam hari dan akan disediakan hiburan rakyat.

Puncak peringatan HUT Kota Mataram sebenarnya jatuh pada tanggal 31 Agustus, namun karena bertepatan dengan hari Minggu, maka puncak HUT Kota Mataram dilaksanakan pada 1 September 2014, diawali dengan upacara bendera pada pagi harinya.

Kegiatan pesta rakyat itu dimaksudkan untuk memberikan rasa gembira kepada warga karena Kota Mataram telah berusia 21 tahun.

Wali kota menginginkan, dalam HUT ke-21 Kota Mataram peran serta masyarakat bisa dilibatkan lebih maksimal dalam berbagai kegiatan.

"Karena atas kesadaran dan kerja sama masyarakat berbagai program pembangunan dan pemberdayaan yang dilakukan pemerintah dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga mampu menjaga keamanan dan kondusivitas di wilayah masing-masing, sehingga memberikan dampak positif dalam upaya peningkatan pertumbuhan investasi dan ekonomi di daerah ini.

Oleh karena itu, selain pesta rakyat, pemerintah juga akan melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan yakni jalan sehat dan sepeda santai dengan menyediakan hadiah-hadiah menarik.

Dalam rangka HUT ke-21 Kota Mataram, wali kota akan menyampaikan berbagai hasil pembangunan selama empat tahun kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana.

Salah satunya, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mataram yang saat ini sudah mencapai lebih dari Rp150 miliar, jumlah yang melampaui target dari yakni Rp100 miliar hingga lima tahun kepemimpinannya.

Dikatakannya, peningkatan PAD Kota Mataram itu merupakan salah satu bukti kerja keras pemerintah kota  dalam upaya mencari terobosan baru terhadap potensi PAD di daerah ini.

"Artinya upaya yang kita lakukan dengan pola intensifikasi dan ekstensifikasi potensi PAD di Mataram sangat efektif," katanya.

Upaya intensifikasi adalah dengan memaksimalkan potensi PAD yang sudah ada, sedangkan  ekstensifikasi adalah mencari potensi-potensi baru yang dapat mendongkrak PAD Kota Mataram.

Dengan adanya peningkatan PAD Kota Mataram itu, pemerintah telah berkomitmen mengembalikan PAD sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat.

"Karenanya, arah pembangunan Kota Mataram masih tetap mengacu pada tiga program unggulan, yakni peningkatan SDM,  ekonomi kerakyatan dan infrastruktur perkotaan," katanya. (Antara)

Pewarta: Oleh Nirkomala

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014