Jakarta (Antara) - Kalangan olahragawan pada ulang tahun ke-69 Kemerdekaan RI, Minggu, mengharapkan prestasi Indonesia yang kini terpuruk di tingkat internasional kembali berjaya.

"Saat ini Indonesia sudah kesulitan untuk berbicara di tingkat Asia Tenggara, apalagi Asia. Harapannya, pada ulang tahun kemerdekaan kali ini ada perbaikan suatu perbaikan nyata dari segi prestasi," kata atlet anggar nasional Reni Anggaraini di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, para atlet Indonesia memiliki kemampuan bersaing di dunia internasional, namun upaya pembinaan yang dilakukan pemerintah terbilang belum maksimal.

Keadaan ini tak lain karena kurangnya dukungan dana untuk melakukan uji coba di luar negeri, katanya.

"Pada 90-an, uji coba atlet dilakukan ke negara Eropa, tapi saat ini sebatas Asia atau Asia Tenggara saja. Jelas ini sangat mempengaruhi kemampuan atlet," kata peraih medali emas SEA Games 2011 ini.

Senada dengan Reni, pelatih atletik nasional Bobby T mengatakan pemerintah harus melakukan perubahan besar dalam pembinaan atlet untuk mengembalikan kejayaaan olahraga Indonesia tersebut.

Ia menilai perubahan itu terkait pola pembinaan yang dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Harapannya Menteri Olahraga nanti lebih baik dari sebelumnya dan merupakan sosok yang benar-benar memahami persoalan olahraga di Indonesia," ujar pelatih asal Ternate ini.

Ia tak menyangkal bahwa tidaklah mudah mengubah negara ke arah yang lebih baik di tengah memburuknya mental kehidupan berbangsa dan bernegara.

Namun, tetap disadari bahwa suatu perubahan itu yang menjadi kebutuhan jika ingin meraih kembali kejayaan prestasi.

Ia menilai sudah saatnya Indonesia memiliki perhatian lebih kepada olahraga sebagai suatu sarana untuk membangun kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa dan negara.

"Apa yang terjadi saat ini memang masing jauh dari cita-cita para pendiri negara, bukan hanya di bidang olahraga. Mental pemimpin semakin buruk dengan maraknya korupsi, ini harus dihentikan untuk menjadikan Indonesia lebih baik," harap mantan atlet nomor lari 400 meter ini.

Di tingkat Asia Tenggara, Indonesia terakhir kali menjadi juara SEA Games yakni pada 2011 ketika menjadi tuan rumah. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014