Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menargetkan pembentukan 156 kampung Keluarga Berkualitas (KB) di 15 kecamatan di daerah itu.

"Saat ini jumlah kampung KB yang ada di Rejang Lebong sudah terbentuk di 26 desa dan kelurahan, dalam waktu dekat juga akan kita bentuk 40 kampung KB baru, targetnya tahun 2023 nanti di Kabupaten Rejang Lebong sudah terbentuk 156 kampung KB," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3APPKB) Rejang Lebong, Zulfan Efendi di Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan, kampung KB  di Rejang Lebong tersebut sudah dibentuk secara bertahap sejak 2017 hingga 2020 lalu, di mana awalnya bernama kampung Keluarga Berencana.

Jumlah kampung KB yang ada di daerah itu, kata dia, ditargetkan sudah terbentuk di dalam 156 desa/kelurahan tersebar dalam 15 kecamatan.

"Pada pertengahan bulan ini akan kita tetapkan 40 kampung KB baru sehingga jumlahnya menjadi 66 kampung KB, dan 90 desa/kelurahan lainnya akan kita tetapkan pada tahun depan," terangnya.

Keberadaan kampung KB ini menurut dia, merupakan satuan wilayah setingkat desa/kelurahan yang di dalamnya ada keterpaduan penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga guna meningkatkan kualitas SDM, keluarga maupun masyarakat.

Kampung KB yang sudah terbentuk ini memiliki beberapa kelompok kerja (pokja) sesuai dengan delapan fungsi keluarga diantaranya fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan.

Selain itu keberadaan kampung KB ini juga akan menjadi tempat untuk mendapatkan data yang ada di desa masing-masing. Di dalam setiap kampung KB terdapat satu orang petugas khusus pengelola data.

Dia berharap program pembentukan kampung KB di Kabupaten Rejang Lebong bisa terwujud sehingga dapat membantu pembentukan keluarga berkualitas dalam setiap keluarga yang ada di desa/kelurahan masing-masing.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022