Mukomuko (Antara) - Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana di Kabupaten Mukomuko tetap aktif sehingga menjadi contoh di Provinsi Bengkulu, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Nurngubaidi.

"Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop PB) di daerah ini termasuk yang paling aktif sehingga menjadi contoh bagi Pusdalop PB di kabupaten lain di Bengkulu," katanya di Mukomuko, Kamis.

Nurngubaidi mengatakan hal itu setelah menerima kunjungan kerja tim dari BPBD Provinsi Bengkulu yang ingin belajar dari daerah itu yang aktif dalam menjalankan Pusdalop PB.

Menurut dia, tim yang terdiri dari salah satunya perwakilan Universitas Bengkulu dan berbagai lembaga yang bermitra dengan BPBD provinsi itu ingin belajar banyak dari Pusdalop PB daerah itu.

Karena, kata dia, Pusdalop PB di kabupaten lain di provinsi itu tidak berkembang seperti Pusdalop PB di daerah itu.

Padahal, menurut dia, Pusdalop PB di setiap kabupaten di provinsi yang rawan gempa bumi dan tsunami itu sangat dibutuhkan dalam memprediksi kemungkinan terjadinya bencana alam dan kekuatannya.

Karena, kata dia, data dalam Pusdalop PB yang terkoneksi secara online dengan Pusdalop PB pusat  dapat mengambarkan kondisi cuaca dan kekuatan bencana alam di setiap wilayah masing-masing.

"Dengan adanya Pusdalop PB ini kami terbantu untuk melihat kekuatan gempa bumi termasuk lokasinya," ujarnya lagi.

Selain itu, kata dia, data di Pusdalop PB di daerah itu juga dapat mengambarkan cuaca dan arah angin serta kekuatan gelombang laut di perairan laut di daerah itu.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014