Bengkulu (Antara) - Pengamat politik Universitas Bengkulu, Drs Lamhir Syam Sinaga MSi mengungkapkan kriteria kandidat kuat calon Gubernur Provinsi Bengkulu terpilih periode 2015-2020.

Hal itu diungkapkan  di Bengkulu, Kamis, terkait pendaftaran pasangan calon ke KPU setempat yang dimulai pada Januari 2015 sehingga hiruk-pikuk bursa pencalonan makin terasa.

"Ada beberapa kriteria yang diharapkan masyarakat sebagai gubernur periode mendatang, dan yang paling diinginkan yakni masyarakat mengharap figur yang bebas dari korupsi," kata dia.

Menurut Lamhir, masyarakat mulai jemu dengan tokoh yang terlibat dan terindikasi kasus korupsi, kolusi serta nepotisme (KKN).

"Apalagi begitu banyak diangkat berita bertema korupsi, sehingga masyarakat menjadi jenuh dan menginginkan pimpinan daerah selanjutnya adalah tokoh yang bersih dari tindakan korup," kata dia.

Selain itu, dia menilai, masyarakat di daerah itu juga menginginkan wajah baru. Hal itu terlihat seperti pemilihan gubernur periode 2004-2009 yang meraih suara masyarakat cukup besar.

"Pada saat itu Agusrin M Najamudin sebagai gubernur terpilih merupakan wajah baru di Bengkulu. Saya juga melihat masyarakat menginginkan orang baru yang membawa harapan baru sebagai pemimpin Bengkulu periode selanjutnya," kata dia.

Selain bebas indikasi korupsi, menurut dia masyarakat juga menginginkan gubernur yang cerdas, tegas dan berasal dari tokoh muda.

"Kecerdasan membuat sang gubernur tanggap menghadapi situasi daerah yang berkembang, dan untuk merealisasikan dibutuhkan ketegasan," kata Lamhir.

Dia memprediksi cukup banyak pasangan calon yang akan maju pada pemilihan Gubernur Bengkulu, setidaknya berkisar sekitar tujuh hingga sepuluh pasang kandidat. ***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014