Berlin (Antara/Reuters) - Pencetak gol terbanyak Liga Jerman musim lalu Robert Lewandowski mencetak gol kompetitif pertamanya untuk klub barunya Bayern Munich, namun sang juara bertahan hanya mampu bermain imbang 1-1 di markas Schalke 04 pada Sabtu (Minggu pagi WIB).

Meski memainkan rekrutan baru Xabi Alonso di tim Bayern hanya 24 jam setelah ia bergabung dengan kontrak dua tahun dari Real Madrid, mereka terlihat jauh dari permainan terbaiknya ketika Schalke mendapatkan nilai pertamanya untuk menghentikan laju dua kekalahan beruntun dengan penampilan gagah berani pada babak kedua.

"Pada momen seperti ini dalam suatu musim tidak mungkin untuk bermain selama 90 menit dengan cara seperti yang kami mainkan pada 25 menit pertama," kata kiper Manuel Neuer kepada para pewarta.

Lewandowski membuka akun golnya ketika ia menyambar operan dari Sebastian Rode pada menit ke-10 saat Bayern mendominasi permainan.

 "Saya pikir 20-25 menit pertama itu begitu mengagumkan," kata pelatih Bayern Pep Guardiola. "Setelah itu kami mulai kehilangan penguasaan bola dan hal itu berubah menjadi masalah."

Tim tamu, meski kehilangan setengah lusin pemain utama karena cedera, mengungguli lawan mereka pada babak pertama di mana pemain yang turut membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia Xabi Alonso, yang melakukan lebih banyak sentuhan bola dibanding pemain Bayern lainnya, dengan percaya diri mendikte permainan mereka dari belakang.

Bagaimanapun, Bayern mengendurkan tekanan mereka pada babak kedua, di mana Schalke menekan lebih tinggi dan mendapatkan gol penyama kedudukan ketika kapten Benedikt Hoewedes menyambar bola di garis gawang setelah Alonso berusaha membuang bola.

Para pemain Bayern memprotes dengan berargumen bahwa Hoewedes menyentuh bola dengan tangannya, namun tayangan-tayangan ulang televisi memperlihatkan Alonso menendang bola di luar garis dan bola mengenai Hoewedes.

Hasil imbang ini membuat Bayern mengoleksi empat angka dari dua pertandingan.

     
Tidak bahagia
"Saya tidak dapat berkata bahwa saya bahagia setelah pertandingan ini," kata gelandang Bayern Thomas Mueller. "Ini merupakan pertandingan berat namun kami tidak lagi memiliki peluang setelah menit ke-20. Saya frustrasi karena kami tidak mampu mempertahankan keunggulan kami." 

Hasil imbang ini sedikit mengurangi tekanan terhadap pelatih Schalke Jens Keller, setelah mereka disingkirkan tim strata ketiga di Piala Jerman dan kemudian kalah pada pertandingan pembukaan liga dari Hanover 96 pekan lalu.

 "Komitmen dan hasrat kami seharusnya setiap ini setiap pekan," kata Keller. "Kami tidak bereaksi terhadap gol pertama dengan segera, namun secara bertahap kami memperjuangkan jalan untuk kembali."

"Pada 21 bulan terakhir (sejak kedatangannya) kami telah berulang kali memperlihatkan bahwa kami saling mendukung dan kami menarik diri dari situasi-situasi sulit."

Bayer Leverkusen memuncaki klasemen dengan koleksi enam angka setelah kemasukan gol bunuh diri dan dua kali bangkit dari ketinggalan untuk menaklukkan Hertha Berlin dengan skor 4-2, dan membuat mereka meraih dua kemenangan dari dua pertandingan.

Ini merupakan petang yang buruk bagi mantan juara Eropa Hamburg SV, yang takluk 0-3 di kandang sendiri oleh tim promosi Paderborn, dan mereka masih mencari kemenangan perdananya musim ini.  

Tim promosi lainnya Cologne juga menikmati petang saat mereka menang 2-0 atas tuan rumah VfB Stuttgart, sedangkan VfL Wolfsburg dan Eintracht Frankfurt berbagi satu angka saat bermain imbang 2-2.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014