Rejanglebong (Antara) - Harga jual cabai merah keriting di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, saat ini mulai menunjukkan kenaikan setelah sempat terpuruk di kisaran Rp5.000 per kilogram.

"Harga cabai di pasaran sekarang dijual pedagang Rp25.000 hingga Rp30.000 per kg. Sedangkan harga jual di tingkatan petani untuk saat ini jenis cabai mulsa kasar harganya sudah Rp12.000 hingga 15.000 per kg, sedangkan untuk yang halus bisa mencapai Rp20.000 dan untuk cabai hijau antara Rp8.000 sampai Rp9.000 per kg," kata Hariyanto (38) salah seorang petani cabai di Desa Air Merah Kecamatan Curup Tengah, Minggu.

Membaiknya harga jual cabai merah di daerah tersebut kata dia, karena saat ini musim panen cabai sudah berakhir dan para petani setempat baru mulai melakukan penanaman ulang yang diperkirakan baru akan panen tiga bulan ke depan.

Sementara itu hal yang sama juga diutarakan Sumarno (50) petani cabai di kawasan Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang, dan berharap harga jual cabai ini terus membaik sehingga mereka bisa mengembalikan modal yang sebelumnya setelah lebaran Idul Fitri lalu sempat merugi lantaran harga cabai turun di kisaran Rp3.500-Rp5.000 per kg.

Turunnya harga jual cabai merah di daerah itu sebelumnya akibat adanya panen serentak oleh petani dan masuknya cabai merah dari luar daerah seperti Lampung, Jambi, serta dari beberapa daerah di Provinsi Sumatera Selatan. Cabai luar yang masuk ini selain harganya lebih murah juga kualitasnya lebih bagus dengan kadar air yang lebih sedikit.  

Selain harga cabai merah yang mulai membaik kata dia, hal yang sama juga terjadi pada cabai rawit yang pada pertengahan bulan puasa Ramadhan lalu sempat turun di kisaran Rp8.000 per kg saat ini di tingkatan petani harganya sudah mencapai Rp25.000 per kg.

Pantauan di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Rejanglebong diantaranya di Pasar Atas Curup dan Pasar Bang Mego, Pasar De, harga jual cabai merah keriting kualitas bagus saat ini dijual pedagang antara Rp25.000-Rp30.000 per kg, sedangkan untuk cabai rawit dijual Rp35.000 hingga Rp40.000 per kg.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014