London (Antara/AFP) - Liverpool menelan kekalahan mengejutkan 1-3 saat bertandang ke markas West Ham United, Sabtu (Minggu WIB), sehingga memunculkan banyak pertanyaan apakah mereka memiliki pertahanan yang diperlukan untuk memenangi gelar Liga Utama Inggris.

Pasukan Brendan Rodgers tertinggal 0-2 dalam waktu tujuh menit di Upton Park.

Pertahanan buruk Liverpool, yang sekarang telah membuat mereka menelan tiga kekalahan dari lima pertandingan liga musim ini,  terlihat ketika tim tamu gagal untuk mengatasi bola operan Jams Tomkins dan Winston Reid membelokkan bola ke gawang untuk membawa The Hammers unggul 1-0 pada menit kedua.

Dan klub London itu menggandakan keunggulan mereka beberapa menit kemudian ketika penyerang asal Senegal Diafra Sakho mengirimkan umpan silang yang mengecoh semua orang, termasuk kiper Liverpool Simon Mignolet.

Kesalahan-kesalahan saat bertahan membuat Liverpool gagal menjadi juara ketika mereka hanya mampu menjadi runner up dari juara Manchester City pada musim lalu.  

Namun mereka tetap memiliki potensi serangan dan pemain sayap Inggris Raheem Sterling mencetak gol balasan melalui tembakan yang tidak dapat dihentikan dari dalam kotak penalti pada menit ke-26, setelah upaya Mario Balotelli sebelumnya dapat ditahan.

Bagaimanapun, pemain pengganti Morgan Amalfitano mengamankan kemenangan bagi West Ham yang dilatih Sam Allardyce dua menit sebelum pertandingan usai, ketika ia dikirimi umpan terobosan mantan pemain sayap Liverpool Stewart Downing sebelum memasukkannya ke sudut jauh.  

Pada pertandingan Sabtu lain yang dimainkan lebih awal, Arsenal menghentikan laju Aston Villa yang berupaya memuncaki klasemen Liga Utama Inggris dengan meraih kemenangan 3-0, di mana Mesut Ozil yang banyak dikritik mencetak satu gol.

Villa hanya kemasukan satu gol pada empat pertandingan liga sebelumnya, namun itu semua berubah ketika Arsenal mencetak tiga gol dalam rentang waktu empat menit di Villa Park.

Ozil membawa The Gunners unggul pada menit ke-32, dan mantan penyerang Manchester United Danny Welbeck mencetak gol pertamanya untuk Arsenal dua menit kemudian, sebelum Aly Cisokho mencetak gol bunuh diri.       

Sementara itu, Newcastle meninggalkan posisi juru kunci klasemen dan menghapus sebagian tekanan terhadap pelatih Alan Pardew dengan bangkit dari ketinggalan 0-2 untuk bermain imbang 2-2 dengan tamunya Hull City, di mana pemain pengganti Papiss Cisse mencetak kedua gol untuk The Magpies.

Southampton naik ke peringkat kedua berkat kemenangan 1-0 atas tuan rumah Swansea, yang bermain selama lebih dari setengah jam dengan sepuluh pemain, setelah penyerang Pantai Gading Wilfried Bony diusir keluar lapangan.

QPR dan Stoke berbagi angka saat mereka bermain imbang 2-2 di Loftus Road, sedangkan hasil imbang juga terjadi ketika pertandingan Burnley melawan Sunderland berakhir tanpa gol.

Pelatih Arsenal Arsene Wenger dipaksa untuk membela pemain Jerman Ozil, yang didatangkan dengan memecahkan rekor transfer klub saat dibeli dengan transfer 42 juta pound dari Real Madrid pada musim lalu, setelah pengatur permainan itu kembali menjadi sorotan menyusul penampilan tidak impresif saat The Gunners kalah 0-2 dari Borussia Dortmund di ajang Liga Champions pada tengah pekan.

Namun, mendapat operan dari Welbeck, ia tidak membuat kesalahan dengan dengan sepakan melalui bagian samping kakinya untuk membawa Arsenal unggul atas Villa.

Beberapa menit kemudian, terjadi perubahan peran ketika umpan silang Ozil disambut Welbeck, yang melepaskan tembakan yang bersarang di bagian atas gawang Villa.   

Sepakan Kieran Gibbs kemudian dimasukkan ke gawang sendiri oleh Cissokho.

Arsenal kini tertinggal satu angka dari tim peringkat kedua Villa, dan terpaut tiga angka dari Chelsea.

    
Wenger yakin kepada Ozil 

"Saya tidak pernah mempertimbangkan mencoret Ozil," kata Wenger. "Ia memperlihatkan dirinya dapat tampil baik di bawah pengamatan cermat."

Villa mendapat masalah dengan penyakit akibat bakteri sebelum pertandingan dimulai, dan pelatih Paul Lambert berkata, "Untuk bermain melawan Arsenal Anda perlu semua orang berada dalam kondisi bugar... Saya tidak tahu ini virus seperti apa, namun (virus) itu melakukan pekerjaannya dengan baik."

Nikica Jelavic membawa tim tamu Hull unggul sepakan akrobatik dari jarak 14 meter pada awal babak kedua, sebelum  gelandang Senegal Mohamed Diame menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-68 melalui tembakan brilian dari jarak 23 meter.  

Namun kemudian Cisse menyelamatkan timnya.

"Saya sangat bangga untuk menjadi pelatih klub ini dan saya akan berjuang untuk mempertahankannya," kata Pardew.

Di markas Swansea, Bony mendapat kartu merah pada menit ke-39 ketika ketika ia menjegal kaki Maya Yoshida, yang merupakan kartu kuning keduanya.  

Namun diperlukan waktu sampai sepuluh menit sebelum pertandingan usai bagi Southampton untuk memaksimalkan keunggulan jumlah pemain mereka, di mana mereka akhirnya mampu mendapat gol yang dibukukan pemain pengganti Victor Wanyama - gol pertama pemain Kenya itu untuk The Saints.

Pemain asal Kroasia Niko Kranjcar mengamankan hasil imbang bagi QPR dengan golnya dua menit sebelum pertandingan usai di Loftus Road.

Meme Biram Diouf membuka keunggulan untuk tim tamu Stoke dan, menyusul gol penyama kedudukan Steven Caulker, Peter Crouch merestorasi keunggulan Stoke terhadap bekas klubnya.  

Pada Minggu Chelsea akan berupaya mempertahankan rekor tandang sempurna mereka di liga musim ini, saat melawat ke markas Manchester City.

Manchester United akan mencari kemenanga tandang pertamanya di liga di bawah besutan pelatih Louis van Gaal, di Leicester, sedangkan Tottenham Hotspur berhadapan dengan West Bromwich Albion, dan Everton menghadapi Crystal Palace.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014