Milan (Antara/AFP) - Mattia Destro dan Alessandro Florenzo masing-masing mencetak satu gol bagi AS Roma yang menang 2-0 atas Cagliari, yang mengirim tim Kuning-Merah memuncaki klasemen Liga Italia berkat keunggulan selisih gol pada Minggu (Senin WIB).

        Juara bertahan Juventus sempat menduduki posisi teratas berkat kemenangan 1-0 atas AC Milan pada Sabtu, melalui gol semata wayang Carlos Tevez di San Siro yang terisi penuh.

        Bagaimanapun Roma, yang menang 5-1 atas CSKA Moskow di Liga Champions pada tengah pekan, meneruskan start bagus mereka pada musim ini dengan penampilan dominan di depan penonton yang tidak padat di Stadion Olimpico.

        "Kami meletakan komposisi yang sama terhadap permainan ini seperti saat kami bertemu dengan CSKA pada tengah pekan, dan itu berhasil," kata pelatih Roma Rudi Garcia kepada Sky Sports.

        "Kemenangan hari ini sangat penting. Ini membuat kami unggul tiga angka atas Milan."  
   Cagliari, yang sekarang dibesut mantan pelatih Roma Zdenek Zeman, sedang mencari kemenangan pertama mereka musim ini, namun dari fase-fase awal tim Sardinia itu dipaksa bertahan.

        Setelah sepuluh menit, Florenzi menarik pertahanan Cagliari sebelum menggulirkan umpan silang mendatar ke tiang jauh, di mana Destro, yang tidak terkawal, melepaskan tembakan melewati kiper debutan Liga Italia berusia 20 tahun Alessio Cragno dari jarak dekat.

        Dua menit kemudian Roma kembali merayakan gol, Seydou Keita melihat Gervinho memiliki ruang ketika Cagliari berupaya menerapkan perangkap offside.

    
   Memeluk neneknya
   Pemain Pantai Gading itu menguasai bola dan menaklukkan pengawalnya sebelum menyodorkan bola kepada Florenzi, untuk menaklukkan Cragno dengan sepakan menyudut akurat dari sisi kanan gawang.

        Florenzo merayakan gol itu dengan cara yang tidak biasa, melompati pembatas dan kemudian melompat ke tribun penonton untuk memeluk neneknya yang berusia 82 tahun - dan ia mendapat kartu kuning atas tindakannya itu saat kembali ke lapangan.

        "Ia tidak pernah berada di stadion, dan berkata kepada saya setelah menyaksikan pertandingan Italia bahwa ia akan datang untuk melihat saya bermain," papar Florenzi.   
   "Saya berjanji bahwa jika datang dan saya mencetak gol, saya akan menghampirinya dan memeluknya. Maka saya menepati janji saya."  
   Di tempat lain, Mauricio Pinilla mencetak gol tiga menit sebelum pertandingan usai untuk membawa Genoa menang 1-0 atas tamunya Lazio, untuk memberikan kemenangan perdana bagi pasukan Gian Piero Gasperini.

        Lazio yang tampil dominan menyia-nyiakan sejumlah peluang dan ketika Stefan de Vrij mendapat kartu kuning kedua karena tangannya menyentuh bola, tuan rumah memaksimalkan keunggulan jumlah pemain untuk mencetak gol pada tiga menit menjelang pertandingan usai.

        Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Antonio Cassano menyumbang sepasang gol bagi Parma yang diganggu masalah cedera untuk membantu mereka mencatatkan kemenangan perdananya musim ini dengan menaklukan tuan rumah Chievo 3-2.

        Cassano mendedikasikan gol-golnya kepada sesama penyerang Parma Jonathan Biabiany, yang berhenti bermain dalam durasi waktu yang tidak terbatas setelah didiagnosa mengalami masalah pada jantung.

        Cassano, yang sempat menjalani operasi jantung pada 2011, berkata, "Tentu saja saya mendedikasikan gol-gol saya kepada Biabiany, yang merupakan seseorang yang saya perhatikan."

   "Saya harap ia dapat kembali sesegera mungkin. Saya memahami apa yang ia lalui."

   Musim buruk Napoli berlanjut dengan kekalahan 0-1 dari tuan rumah Udinese, ketika bek Brazil Danilo menyodorkan bola untuk disambar tandukan Kalidou Koulibaly yang melewati kiper Rafael Cabral.

        Napoli terpuruk ke posisi keenam dari bawah, di mana Udinese asuhan Andrea Stramaccioni sekarang naik ke peringkat keempat.

        "Sampai gol itu tercipta, Rafael tidak perlu melakukan penyelamatan," keluh pelatih Napoli Rafael Benitez.

        "Ini memalukan karena kami mengendalikan permainan dan memiliki banyak peluang untuk memenanginya. Justru yang terjadi adalah hal yang sebaliknya."
   Fiorentina juga naik di klasemen berkat kemenangan pertama di musim ini, yang diamankan oleh gol Jasmin Kurtic pada menit ke-58 untuk menaklukkan Atalanta.

        Pada pertandingan-pertandingan Sabtu malam, Mateo Kovacic mencetak gol bagi Inter Milan sebelum turun minum untuk menyamakan gol Franco Vazquez di menit ketiga, setelah ia menaklukkan bek Nemanja Vidic untuk mencetak gol melewati Samir Handanovic.

        Inter menyia-nyiakan peluang yang dimilikinya untuk mendulang tiga angka, ketika Stefano Sorrentino menepis tandukan Pablo Daniel Osvaldo dari bawah mistar gawang.

        Sementara itu, Verona naik ke peringkat ketiga berkat kemenangan 1-0 atas Torino, yang didapat melalui gol tunggal Artur Ionita pada menit ke-66.

        Torino semestinya mampu menyamakan kedudukan pada fase akhir pertandingan, namun penalti Omar El Kaddouri dapat digagalkan Rafael.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014