Jakarta (Antara) - Timnas Indonesia U-19 kalah telak dari Barcelona B dengan skor 0-6 dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Stadion Ciutat Esportiva Joan Gamper, Spanyol, Rabu.

Gol Barcelona B dicetak masing-masing oleh Thomas Vermaelen menit ke-3, Suarez menit ke-11 dan ke-67, Babunski menit ke-27, Bicho menit ke-65 serta Maxi Rolon pada menit ke-78.

Dalam pertandingan yang disiarkan langsung SCTV itu, Barcelona B menguasai jalannya pertandingan, baik pada babak pertama atau kedua.

Gol pertama dihasilkan oleh pemain Barcelona B, Vermaelen melalui sundulan kepalnya ketika babak pertama baru dimulai 3 menit.

Kemudian, gol kedua dicetak Luis Suarez pada menit ke-11 melalui tendangannya setelah lolos dari penjagaan lini belakang Tim Garuda Jaya.

Tertinggal dua gol, permainan Barcelona B yang diarsiteki Eusebio Sacristán semakin meningkat, sehingga pada menit ke-27, gawang Ravi Murdianto kembali kebobolan oleh Babunski, dan merubah kedudukan menjadi 0-3 yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua Tim Garuda Jaya mulai meningkatkan tempo permainan, sehingga mendapatkan sejumlah peluang salah satunya melalui Ilham Udin, namun tendangannya masih melenceng di sisi kanan gawang.

Merasa mendapat tekanan, Barcelona kembali meningkatkan tempo permainan dan berhasil menambah gol melalui kaki Bicho pada menit ke-65, dan merubah skor menjadi 0-4.

Selang dua menit kemudian, Barcelona kembali menambah koleksi golnya melalui Suares yang dicetak melalui kaki kirinya, dan merubah skor menjadi  0-5 untuk Barcelona B.

Memasuki menit ke-77 pemain Indonesia Hansamu Yama menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang, dan Maxi Rolon yang menjadi eksekutor tidak menyiakan kesempatan itu untuk kembali membobol gawang Ravi Murdianto, dan merubah skor 0-6.

Kedudukan itu, bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan wasit.

Menanggapi hasil itu, pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri menilai anak asuhnya masih merasa grogi menghadapi pemain dunia.

"Saya kasih tahu pemain untuk tidak grogi dan main lebih tenang supaya tidak  cepat kehilangan bola, dan kita lihat sendiri mereka melakukan tekanan ketika ada bola," kata Indra melalui wawancara dengan SCTV usai pertandingan.

Sjafri mengaku sudah mencoba mengganti beberapa pemain dan komposisi, namun tetap saja tim asuhannya takluk dari Barcelona B. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014