Dua program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan mendapat penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam ajang CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2023.

Program Kampung Iklim di Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan, mendapat peringkat emas dan Program Kampung Inggris dan Pusat Kreativitas di Lawe-Lawe, Penajam Paser Utara, mendapatkan peringkat perunggu.

"Kami bangga dan bersyukur,” kata Humas PTKilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin, Sabtu.

Program Kampung Iklim di Kelurahan Muara Rapak, merupakan program mendorong partisipasi masyarakat melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan, diantaranya berupa pengelolaan sampah, pemanfaatan lahan untuk tanaman dan penghijauan serta pencegahan dan penanggulangan bencana.

Sedangkan Program Kampung Inggris dan Pusat Kreativitas Lawe-Lawe merupakan program yang dilakukan untuk memberikan pengajaran berbahasa Inggris secara informal. Selain itu ditujukan sebagai pusat kreativitas masyarakat.

"Tujuan utama program-program ini bukanlah untuk mendapatkan penghargaan. Kami bahkan mendapatkan masukan-masukan berharga untuk mengembangkan program ini ke depan dari penilaian yang dilakukan oleh tim juri, terutama pada saat kunjungan lapangan,” kata Ely Chandra.

Pemberian penghargaan CSR ini dilakukan oleh Kementerian Desa PDTT bekerja sama dengan Indonesia Social Sustainability Forum (ISSF). Pada tahun 2023 ini CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards diikuti oleh 53 perusahaan yang telah lolos seleksi dari 75 perusahaan yang ikut ajang penghargaan ini. Dari jumlah yang diseleksi tersebut, sebanyak 25 diantaranya adalah perusahaan baru.

Untuk perusahaan dengan kategori perunggu diraih oleh 10 perusahaan dengan 12 program CSR yang diajukan. Untuk kategori perak ada sebanyak 22 perusahaan dengan 22 program CSR yang diajukan, dan untuk kategori emas ada sebanyak 26 perusahaan dengan 34 program CSR yang diajukan. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023