Bengkulu (Antara) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Provinsi Bengkulu menetapkan kriteria calon gubernur yang akan maju lewat parpol tersebut pada Pemilihan Kepala Daerah 2015.

"Kami mulai membuka pendaftaran bagi yang ingin mencalonkan diri menjadi Gubernur Bengkulu melalui Partai Demokrat, namun yang akan diusung nantinya tentu harus sesuai dengan kriteria yang kami tetapkan," kata Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bengkulu Edison Simbolon di Bengkulu, Kamis.

Ia menjelaskan, sejumlah kriteria penting tersebut yakni, calon yang akan diusung parpol tersebut memiliki visi dan misi yang jelas.

"Visi dan misi calon harus sejalan dengan kepentingan rakyat dan partai, jangan sampai setelah duduk menjadi gubernur atau wakil ternyata tidak memberikan kontribusi terhadap Bengkulu," kata dia.

Lebih lanjut, Ketua DPD Demokrat Bengkulu itu mengungkapkan, calon yang akan diusung parpol tersebut haruslah sosok yang kompetitif.

"Saat ini Provinsi Bengkulu termasuk salah satu dari provinsi tertinggal di berbagai sektor, kalau gubernur tidak kompetitif, kita akan terus tertinggal," katanya.

Kondisi Bengkulu saat ini, menurut dia, baik segi perekonomian, pertumbuhan infrastruktur, sumber daya manusia maupun sumber daya alam, belum dikelola secara maksimal.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan Partai Demokrat tidak mencari calon yang hanya pintar dalam pencitraan diri, namun lebih jauh, yang terpenting yaitu rekam jejak calon baik dari segi moral, hukum serta wawasan.

"Kita akan berikan peluang yang sama, baik kader maupun tokoh masyarakat, kita memilih calon yang memang bisa membuat provinsi ini bisa bersaing dengan provinsi lainnya," ucapnya.

Partai Demokrat Daerah Provinsi Bengkulu, kata Edison, rencananya menggelar konvensi serupa dengan metode penjaringan calon presiden pada Pilpres 2014, guna mempersiapkan tokoh yang akan diusung sebagai calon gubernur.

"Metode tersebut lebih efisien untuk melihat kesiapan, elektabilitas, serta kapasitas calon gubernur yang akan diusung," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014