Jayapura (Antara) - Tuan rumah Persipura Jayapura takluk dari tamunya Al Qadsia dengan skor 0-6 pada laga semifinal kedua Piala AFC di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Selasa.

Gol-gol kemenangan bagi tamunya asal Kuwait itu dilesakkan oleh empat pemain, yakni Saif Alhashan pada menit kelima, Bader Almotawa menit ke-33, dan menit ke-72.

Kemudian kapten Al Qadsia Saleh Alsheik menit ke-56 dan menit ke- 90 plus, serta Fahid Alebrahim menit ke-75.

Pada babak pertama, tuan rumah Persipura Jayapura langsung mendapat tekanan dengan gol Saif Alhashan.

Tertinggal satu gol, tim asuhan pelatih Jacksen F Tiago mencoba keluar dari tekanan dengan melakukan sejumlah serangan yang dibangun dari kaki Robertino Pugliara, Gerarld Pangkali dan Imanuel Wanggai tetapi selalu kandas di lini belakang tim lawan.

Begitupun serangan yang coba dibangun dari sisi kiri dan kanan yang dilakukan oleh Ruben Sanadi dan Yustinus Pae kandas juga.

Asyik menyerang, Mutiara Hitam dikejutkan dengan gol menit ke-33 yang diciptakan oleh Bader Almotawa.

Gol ini berawal dari salah 'passing' oleh kapten tim Persipura Boaz yang dicuri oleh pemain Al Qadsia yang kemudian diselesaikan dengan sempurna oleh Bader.

Gol tersebut bertahan hingga turun minum, dengan keunggulan 0-2, tim tamu Al Qadsia atas tuan rumah Persipura.

Pada babak kedua, masuknya Ferinando Pahabol yang menggantikan Gerald Pangkali memberikan angin segar bagi lini depan tim kebanggaan warga Kota Jayapura dan Papua itu.

Mantan pemain Persidafon Dafonsoro itu menunjukkan skillnya sisi kiri pertahanan tim lawan, terbukti menit ke-54, tendangan kerasnya berhasil ditepis keluar oleh kiper Al Qadsia, Abdullah.

Kemudian tendangan Imanuel Wanggai sempat membentur mistar gawang lawan.

Pada 15 menit awal babak kedua, skuat asuhan Jacksen F Tiago itu memperagakan kecepatan untuk menembus ketatnya barisan belakang lawan, umpan-umpan pendek satu dua sentuhan ditunjukkan namun belum mampu mencetak gol.

Pada menit 56, justru tim lawan mencetak gol dari kaki Saleh Alsheik. Persipura sementara tertinggal 0-3  dari tamunya itu.

Pada menit 62, pelatih Jacksen F Tiago menarik keluar Imanuel Wanggai dan memasukkan Ian Kabes dengan harapan bisa membantu serangan, tapi sayang menit ke-72 dan 75, dua gol kembali tercipta oleh tim lawan.

Boaz TE Salossa juga ditarik keluar pada menit 80 dengan Ricky Kayame tetapi tidak juga bisa mencetak gol.

Pada penghujung laga, wasit Tojo Minoru asal Jepang memberikan tambahan waktu 3 menit tetapi tuan rumah Persipura tidak bisa memperkecil ketertinggalan.

Malah, tim tamu memperbesar keunggulannya 0-6, setelah kapten Al Qadsia Saleh Alsheik membobol gawang Yoo Jae Hoon untuk kedua kalinya.

Usai laga tersebut, pelatih Al Qadsia Antonio Puche, memberikan selamat buat pemainnya dan berterima kasih untuk pendukung tim tersebut yang menyaksikan dari layar kaca, di Kuwait.

"Terima kasih buat pemain dan pendukung Al Qadsia. Ini laga yang sulit dan fantastik," katanya dalam sesi jumpa pers.

Sementara pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengaku telah memberikan semua ilmunya kepada pemain hanya saja yang terjadi dilapangan berbeda.

"Kita mau bicara apa lagi? Kemampuan kita sampai di situ. Saya secara pribadi telah memberikan semua materi kepada pemain, hasil ini diluar dugaan," katanya.

Tetapi, pelatih asal Brasil itu menyampaikan, "hasil dari laga ini ada hikmahnya dan akan lakukan evaluasi serta pembenahan agar bisa lebih baik lagi. Intinya ini merupakan pengalaman yang berharga buat tim," katanya dengan nada sendu.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014