Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu menyebutkan saat ini ada empat kabupaten dan kota yang menerima penghargaan predikat pratama Kota Layak Anak (KLA) yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Seluma.

"Saat ini ada empat kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu yang telah mendapatkan penghargaan KLA dengan predikat pratama," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri di Kota Bengkulu, Rabu.

Ia menyebutkan bahwa saat ini pihaknya terus berkomitmen untuk mendorong agar seluruh wilayah kabupaten di Provinsi Bengkulu dapat meningkatkan predikat KLA sedangkan empat wilayah yang menerima predikat pratama dapat menjadi madya dan enam wilayah lainnya dapat mendapatkan predikat pratama.

Enam wilayah kabupaten yang didorong untuk mendapatkan predikat pratama yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Mukomuko.

Selain mendorong agar wilayah di Provinsi Bengkulu menjadi KLA, pemerintah dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PP-PA) juga mendorong pelaksanaan amanat undang-undang terkait kota dan kabupaten yang layak anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Bengkulu Foritha Ramadhani Wati mengatakan bahwa ada beberapa indikator yang telah ditetapkan agar dapat dipenuhi oleh kabupaten/kota agar mendapatkan penghargaan KLA.

"Kita di Provinsi Bengkulu untuk tahun ini mendapatkan tugas melakukan verifikasi administrasi. Secara administrasi kabupaten/kota akan menyampaikan bahan data terkait indikator-indikator KLA dan provinsi yang akan melakukan verifikasi nya," katanya. 
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023