Den Haag (Antara/AFP) - Penyerang internasional Belanda Dirk Kuyt mengumumkan pada Jumat bahwa ia mengakhiri kariernya dengan tim Oranje, setelah bermain selama satu dekade untuk tim nasional.

Pemain Fenerbahce berusia 34 tahun itu telah memperkuat timnas Belanda sebanyak 104 pertandingan, mencetak 28 gol sejak melakukan debutnya pada September 2004.

"Saya tidak lagi memiliki hasrat untuk bermain begitu jarang sambil menginvestasikan banyak energi di tim Belanda untuk dua tahun lagi," kata Kuyt dalam pernyataan yang dipublikasi Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

"Saya mengambil keputusan ini setelah melakukan sejumlah diskusi yang sangat bagus dan terbuka dengan pelatih nasional (Guus Hiddink)," tambahnya.

Mantan pemain Feyenoord dan Liverpool ini merupakan anggota tim Belanda yang menjadi runner upa pada Piala Dunia 2010, dan menduduki peringkat ketiga pada Piala Dunia 2014 di Brazil.

Bagaimanapun, Kuyt akan tetap dapat dipanggil tim Oranje "dalam kasus darurat," tambah pernyataan itu.

"Ini dapat memberi terjadi dalam situasi seperti Edwin van der Sar pada 2008, yang telah pensiun dari timnas namun masih bermain dalam dua pertandingan karena banyaknya cedera," kata KNVB.

Dikenal sebagai pemain serba bisa dan handal, Kuyt memulai kariernya sebagai penyerang, berpindah sebagai pemain sayap, dan selama Piala Dunia di Brazil ia lebih banyak dimainkan sebagai bek kiri.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014