Sebanyak enam sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Rejang Lebong akan menampilkan produk unggulan siswa pada Gebyar SMK 2023 tingkat Provinsi Bengkulu pada 24-26 Februari mendatang.

Ketua Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Rejang Lebong Asep Suparman saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan sekolah SMK dari daerah itu yang akan tampil di Gebyar SMK Provinsi Bengkulu kali ini terdiri dari lima sekolah negeri dan satu sekolah swasta.

"Setiap sekolah akan menampilkan produk unggulan dari sekolah-sekolah tersebut. Enam sekolah yang akan ikut gebyar SMK ini diantaranya SMKN 1, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 6 dan SMKN 7 serta SMKS Idhata Rejang Lebong," kata dia.

Dijelaskan Asep Suparman yang juga kepala SMKN 1 Rejang Lebong ini, jika pelaksanaan Gebyar SMK Provinsi Bengkulu pada pekan depan akan diikuti oleh SMK terpilih dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

Pada perhelatan ini, kata dia, para peserta yang terdiri dari guru dan siswa akan tergabung dalam satu stan mewakili kabupaten/kota masing-masing akan memamerkan produk dari setiap sekolah.

Ajang gebyar SMK itu sendiri selain akan menjadi unjuk kemampuan "SMK Bisa" juga sarana promosi masing-masing sekolah kepada pelajar SMP yang nantinya diundang guna mengikuti aneka perlombaan dan menyaksikan pameran produk SMK sehingga saat penerimaan siswa baru nanti mereka tertarik melanjutkan pendidikan ke SMK.

Untuk SMK Negeri 1 Rejang Lebong, tambah dia, pada gebyar SMK tingkat Provinsi Bengkulu sudah menyiapkan produk unggulan siswa berupa sepeda motor listrik, kemudian produk pengelasan, pertukangan dan lainnya.

Menurut dia, motor listrik yang dirakit siswa SMKN 1 Rejang Lebong itu sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik sebagai bahan bakarnya dan tidak menggunakan BBM lagi. Sepeda motor ini bisa melaju dengan kecepatan 60-70 KM per jam dengan jarak tempuh dalam kondisi baterai penuh sejauh 50 KM.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023