Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengatakan daerah ini menerima hibah pembangunan tiga sumur bor untuk membantu masyarakat yang kesulitan air bersih dari Badan Geologi.
 
"Hibah tiga sumur bor yang kita terima tersebut dibangun sekitar tahun 2019-2020 di tiga desa daerah ini," kata Kabid Aset Badan Keuangan Daerah Kabupaten Mukomuko Juni Hardiansyah di Mukomuko, Ahad.
 
Badan Geologi membangun tiga sumur bor di Desa Kota Praja Kecamatan Air Manjuto, Desa Manjuto Jaya Kecamatan Air Manjunto, dan Desa Sungai Gading Kecamatan Selagan Raya.
 
Selanjutnya tiga bangunan sumur bor yang telah dihibahkan oleh Badan Geologi kembali ke organisasi perangkat daerah terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.
 
Setelah itu, katanya, instansi teknis tersebut yang mengatur pengelolaan, apakah di kelola sendiri atau diserahkan kepada desa.
 
Ia mengatakan, Badan Geologi membangun tiga sumur bor di daerah ini untuk mendukung Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).
 
"Kegiatan ini sama dengan Pamsimas untuk membantu masyarakat yang kesulitan air saat musim kemarau," ujarnya pula.
 
Kepala Desa Kota Praja, Kecamatan Air Manjuto Parji mengatakan bantuan pembangunan sumur bor dari Badan Geologi sangat membantu masyarakat di wilayah ini mendapatkan air bersih terutama musim kemarau.
 
Untuk sementara ini, katanya, masyarakat di wilayahnya belum mengalami kesulitan air bersih karena dari sumur bor dan sumur gali milik masyarakat di daerah ini masih ada.
 
"Masyarakat membutuhkan air saat musim kemarau karena saat musim kemarau hampir semua sumur gali dan sumur bor milik masyarakat kering," ujarnya.
 
Ia mengatakan, Badan Geologi selain membangun sumur bor serta menyediakan mesin genset untuk menarik air dari dalam sumur bor.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023