Bengkulu, (ANTARA Bengkulu) - Komandan Korem 041 Garuda Emas Bengkulu Kol Inf Sofwat Nasution meresmikan Kodim 0425 di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, yang merupakan Kodim pertama daerah pemekaran di provinsi itu.

Di Provinsi Bengkulu saat ini ada enam kabupaten pemekaran, namun pertama kali memiliki Kodim, adalah Kabupaten Seluma salah satu daerah pemekaran dari Bengkulu Selatan, kata Komandan Korem 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu Kol Inf Sofwat Nasution, Selasa.

Ia mengatakan, penambahan Kodim pada daerah pemekaran itu diharapkan membantu menciptakan suasana aman dan kondusif di Kabupaten Seluma, karena di wilayah itu sudah ada lokasi latihan menembak TNI.

Disamping itu, Kabupaten Seluma salah satu daerah penyangga Kota Bengkulu lokasinya diapit kawasan pantai dan wilayah pegunungan, pada kawasan pantai sangat rawan gangguan perairan, sedangkan pada wilayah perbukitan menjaga kawasan hutan lindung selalu digerogoti perambah.

Keberadaan anggota TNI tersebut, sekaligus bisa mendukung berbagai program pembangunan dalam mempercepat wilayah itu sejajar dengan kabupaten lain lebih maju, terutama dari fasilitas sarana transportasi.

Beberapa tahun silam ada program Tentara Masuk Desa skala besar yaitu membuka jalan baru ke puluhan desa terisolir yang panjangnya mencapai puluhan kilometer, sekarang jalan itu sudah ditingkatkan Pemkab Seluma menjadi jalan sentra produksi.

Ke depan TNI siap membantu Pemkab Seluma dan daerah pemekaran lainnya di Provinsi Bengkulu, terutama dalam membangun sarana jalan dan jembatan termasuk peningkatan jalan produksi, ujar Danrem.

Provinsi Bengkulu memiliki beberapa pulau terpencil antara lain Pulau Enggano dan Pulau Mega, dalam pengamanannya akan menjadi prioritas TNI-AD dan TNI-AL  bersama personelnya.

Disamping TNI sangat mendukung pengamanan kawasan hutan lindung maupun hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan Taman Nasional Bukit Barisan selatan (TNBBS) di wilayah Bengkulu, tandasnya.

Komandan Kodim 0425 Seluma Letkol Inf Heri Purwanto membenarkan, peresmian Kodim itu dihadiri seluruh instansi, kepala daerah dan seluruh anggota TNI di wilayah Bengkulu.

Kodim Seluma saat ini ada sekitar 70 personel dan didukung oleh tiga Koramil dan kantornya sudah dibangun, hal itu sudah dilaporkan ke KASAD bahwa kondisi fisiknya sudah mencapai 100 persen selesai.
"Kami sudah laporkan perkembangannya ke pusat melalui Korem 041 Gamas Bengkulu bahwa pembangunannya sudah selesai, saat ini tinggal menunggu Peraturan KSAD," tegasnya.(ANT/Z005)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2011