Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah menyiapkan stok darah guna memenuhi kebutuhan selama bulan puasa Ramadhan di wilayah itu.

"Kita besok akan melaksanakan kegiatan donor darah rutin di Kecamatan Padang Ulak Tanding, kemudian pada tanggal 1 Maret 2023 kegiatan donor darah massal di Kantor Damkar Rejang Lebong, serta donor darah massal di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang," kata tenaga sukarela Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Rejang Lebong, Mardiani di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, stok darah yang ada di bank darah PMI Rejang Lebong saat ini mulai menipis sehingga harus dilakukan penambahan stok guna memenuhi kebutuhan di RSUD Rejang Lebong yang per harinya bisa mencapai 40 kantong.

Stok darah yang mereka punyai sampai dengan 26 Februari 2023, kata dia, sebanyak 18 kantong terdiri dari golongan darah A sebanyak tiga kantong, golongan darah B sebanyak enam kantong, golongan darah O sebanyak empat kantong dan golongan darah AB sebanyak lima kantong.

"Stok darah yang kita siapkan ini untuk mengantisipasi kekurangan saat bulan puasa Ramadhan. Kita optimis stok darah yang kita miliki akan bertambah dan bisa memenuhi kebutuhan selama bulan puasa Ramadhan dan mudik lebaran melalui berbagai kegiatan donor darah maupun bakti sosial yang dilaksanakan instansi pemerintah dan swasta," terangnya.

Menurut dia, untuk kegiatan donor darah yang dilakukan pihaknya dalam waktu dekat ini ditargetkan bisa menghimpun hingga 100 kantong darah, apalagi di Desa Sumber Urip yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali ada 30 pendonor tetap, kemudian ditambah pendonor lainnya.

Kebutuhan darah di Kabupaten Rejang Lebong terutama di RSUD Rejang Lebong dan fasilitas kesehatan lainnya selain dipenuhi dari bank darah PMI setempat yang disumbangkan pendonor tetap, relawan PMI dan juga pendonor yang berasal dari keluarga pasien.

Dia mengharapkan, kalangan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong untuk menjadi pendonor tetap atau relawan PMI sehingga bisa membantu pemenuhan kebutuhan darah untuk operasi di RSUD Rejang Lebong dan tempat lainnya.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023