Madrid, (Antara/AFP) - Barcelona memelihara keunggulan empat angka mereka atas Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol menjelang "El Clasico" pertama mereka yang akan berlangsung akhir pekan mendatang dengan kemenangan 3-0 atas Eibar pada Sabtu.

        Real juga meraih kemenangan pada pertandingan yang dimainkan lebih awal saat mereka mencatatkan kemenangan beruntun ketujuhnya di semua kompetisi, di mana Cristiano Ronaldo mencetak dua gol saat Si Putih menang 5-0 atas tuan rumah Levante.

        Setelah 45 menit babak pertama yang membuat frustrasi, Barca akhirnya membuka keunggulan ketika Xavi Hernandez mencetak gol pertamanya musim ini dari operan Lionel Messi pada menit ke-60.

        Neymar kemudian menggandakan keunggulan tuan rumah melalui sepakan voli sebelum pemain Brazil itu mengirimkan umpan kepada Messi untuk dikonversi menjadi gol ketiga, dan membuat pemain Argentina itu hanya terpaut satu gol dari menyamai rekor Telmo Zarra sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Spanyol.

        "Kami kesulitan untuk memecah kebuntuan, namun sekali Anda dapat mencetak gol pertama maka itu menjadi jauh lebih mudah," kata Xavi kepada Canal Plus.

        "Mungkin mereka sedikit kelelahan pada babak kedua, mereka bekerja keras saat bertahan."
   "Kami berusaha melalui semua cara yang memungkinkan dan meski itu tidak berjalan lancar sebelum gol pertama, secara umum kami bermain sangat baik."
   "Kami tetap tidak kemasukan gol, yang memperlihatkan kami juga bekerja sangat baik dalam bertahan."
   Messi terlihat ingin merayakan 10 tahun kiprahnya di Barca dengan memecahkan rekor, namun ia dibuat frustrasi oleh para pemain bertahan Eibar yang terorganisir dengan baik sepanjang 45 menit pertama.

        Peraih empat Penghargaan Pemain Terbaik Dunia ini semestinya dapat membuka keunggulan pada menit ke-20 setelah memainkan umpan satu-dua dengan Dani Alves, namun kaki Xabi Irureta mencegah Messi meloloskan bola melalui sela-sela kakinya untuk menjadi gol.

        Messi kemudian melepaskan tembakan yang masih melebar dari tepi kotak penalti, namun Eibar juga memiliki dua peluang bagus menjelang turun minum.

        Ander Capa melihat gawang yang terbuka saat ia mengecoh Claudio Bravo, namun ia membuang peluang untuk menjadi pemain pertama yang mencetak gol ke gawang Barca di liga musim ini ketika sepakannya hanya mengenai jala samping gawang.

        Dan Bravo kemudian menjadi penyelamat timnya, saat ia berlari dari garis gawang untuk menggagalkan peluang Saul Berjon.

        
   Terbukanya keran gol
   Bagaimanapun, Barcelona akhirnya memecahkan kebuntuan setelah turun minum ketika Xavi dan Messi bertukar operan sebelum Xavi mencungkil bola melewati Irureta yang bergerak maju, untuk menjadi gol yang melegakan bagi pelatih Luis Enrique.

        Keran gol pun terbuka ketika umpan silang Dani Alves diteruskan sepakan Neymar, untuk menjadi gol kesembilannya musim ini saat pertandingan tinggal menyisakan 19 menit.

        Neymar kemudian menjadi pemberi assist saat operannya menuju jalur lari Messi dituntaskan ke tiang jauh oleh mitra di lini depannya itu, yang membuat Messi telah mencetak 250 gol dari 285 pertandingan.

        Hanya penyelamatan bagus Irureta pada detik-detik terakhir yang mencegah Messi menyamai rekor Zarra yang telah berusia 59 tahun, melalui sundulan dari jarak dekat.

        Sementara itu, Real Madrid memastikan mereka akan menghadapi pekan besar dengan kepercayaan diri penuh melalui hujan lima gol di markas Levante, kelima kalinya mereka kemasukan setidaknya lima gol dari tujuh pertemuan terakhirnya.

        Cristiano Ronaldo meneruskan penampilan tajamnya di level klub dengan mencetak gol pada sembilan pertandingan beruntun dari titik penalti, sebelum tandukan Javier Hernandez menggandakan keunggulan Real sebelum turun minum.

        Ronaldo melesakkan gol liga ke-15nya hanya dari tujuh penampilan musim ini untuk mengubah skor menjadi 3-0, sebelum penyelesaian manis dari James Rodriguez dan Isco melengkapi pesta gol sang juara Eropa.

        Bagaimanapun, Real memiliki sejumlah kekhawatiran perihal cedera pemain menjelang lawatan tengah pekan mereka ke markas Liverpool di Liga Champions, sebelum menjamu Barca di Santiago Bernabeu Sabtu mendatang.

        Karim Benzema, Raphael Varane, dan Sergio Ramos absen pada pertandingan ini, sedangkan Gareth Bale menjadi pemain cadangan yang tidak terpakai setelah kembali dari cedera otot gluteal.

        Bukan hanya itu yang dicemaskan Ancelotti.

        "Saya pikir kami mendatangi pekan ini dengan sangat baik. Kami memiliki pertandingan yang sulit untuk disiapkan di sini, namun kami bermain sangat baik dan serius. Kami sangat berkonsentrasi dan semuanya berjalan baik."
   "Sekarang kami memiliki waktu untuk, pertama memulihkan sejumlah pemain, dan kemudian memikirkan pertandingan Rabu."
(H-RF)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014