London (Antara/Reuters) - West Ham United dan Southampton memelihara awal mereka yang meyakinkan musim ini ketika The Hammers menaklukkan juara bertahan Manchester City dengan skor 2-1, dan The Saints naik ke peringkat kedua berkat kemenangan 1-0 atas Stoke City pada Sabtu.

Chelsea, yang melawat ke markas Manchester United pada Minggu, memimpin klasemen Liga Utama Inggris dengan 22 angka dari delapan pertandingan, sedangkan The Saints yang berada di peringkat kedua mengoleksi 19 angka dari sembilan pertandingan.

Manchester City berada di peringkat ketiga dengan 17 angka setelah kalah di markas West Ham melalui gol-gol dari Morgan Amalfitano dan Diafra Sakho. Sang juara bertahan dapat tertinggal delapan angka dari Chelsea pada Minggu malam, jika pasukan Jose Mourinho menang di Old Trafford.

Di tempat lain pada Sabtu, Arsenal menang 2-0 di markas Sunderland, Liverpool ditahan imbang tanpa gol di kandang sendiri oleh Hull City, Swansea City menang 2-0 atas Leicester City, dan West Bromwich Albion bangkit dari tertinggal 0-2 untuk mengamankan skor imbang 2-2 saat menjamu Crystal Palace.

West Ham mengalami kesulitan saat melawan Manchester City yang mendominasi penguasaan bola namun dua kali upayanya digagalkan mistar gawang melalui Yaya Toure, dan hanya mampu mencetak gol melalui David Silva.

Pemain asal Prancis Amalfitano membawa The hammers unggul melalui penyelesaian jarak dekat, setelah Enner Valencia melepaskan umpan silang berputar mendatar pada menit ke-21.

Pemain asal Senegal Sakho menjadi pemain pertama West Ham yang mencetak gol dari enam pertandingan Liga Utama Inggris secara beruntun, ketika ia mengubah skor menjadi 2-0 melalui gol yang diberikan setelah teknologi garis gawang memperlihatkan tandukannya telah melewati garis pada menit ke-75.

Silva memperkecil ketertinggalan City melalui upaya solonya, ketika ia menaklukkan pertahanan tuan rumah dua menit kemudian.

"Ini bukan kemenangan dengan keberuntungan melalui imajinasi apapun pada hari ini, karena komitmen dan hasrat kami untuk bermain melawan para pemain besar dan sang juara bertahan liga ada di sini untuk disaksikan," kata pelatih West Ham Sam Allardyce kepada BT Sport.

"Setelah David Silva mencetak gol mengagumkan mereka, bagi saya determinasi timlah yang memastikan kami mendapatkan apa yang menjadi kemenangan bagus bagi kami."

Pelatih City Manuel Pellegrini menepis asumsi bahwa dirinya berada di bawah tekanan besar setelah timnya juga menyia-nyiakan keunggulan 2-0 saat melawan CSKA Moscow untuk menjadi imbang 2-2 di Liga Champions pada tengah pekan.

    
   Sangat tidak beruntung
Ia berkata, "Saya selalu merasakan tekanan yang sama dari hari pertama sampai hari ini."

"West Ham bermain sangat baik khususnya pada babak pertama dan mereka tidak membiarkan kami menggerakkan bola, namun kami sangat tidak beruntung sebab kami memiliki banyak peluang."

Kisah dongeng Southampton pada awal musim berubah menjadi tantangan kredibel untuk finis di empat besar setelah mereka mengalahkan Stoke.

Meski mereka kesulitan mengulang kemenangan 8-0 atas Sunderland seperti yang dilakukan pada musim lalu, gol Sadio Mane pada menit ke-33 memisahkan kedua tim di Stadion St Mary ketika Southampton memenangi pertandingan untuk keenam kalinya dari sembilan pertandingan.

"Babak pertama begitu fantastis," kata pelatih Ronald Koeman. "Kami bermain angat baik dan mendominasi permainan, mencetak gol bagus, dan memiliki peluang-peluang bagus pada babak pertama, namun kami tidak menuntaskan permainan dan menjadi sulit pada detik-detik terakhir."    

Pada pekan lalu Southampton mencetak kemenangan terbesarnya di liga sejak 1921 ketika mereka menghancurkan Sunderland, namun Koeman berkata, "Mungkin kemenangan ini lebih penting daripada pekan lalu, sebab tidak selalu semudah itu dan Anda harus memperjuangkannya." 

Arsenal memenangi pertandingan kedua dari delapan pertandingan liga, dengan mengalahkan Sunderland ketika Alexis Sanchez mencetak dua gol.    

Penderitaan Liverpool berlanjut ketika mereka ditahan imbang oleh Hull, di mana Mario Balotelli gagal memasukkan bola ke gawang yang terbuka pada sepakan terakhir.

West Brom bangkit saat melawan Palace yang unggul saat turun minum, berkat sepakan voli dari Brede Hangeland dan penalti Mile Jedinak.

Albion bangkit pada babak kedua melalui tandukan dari pemain pengganti Victor Anichebe dan penalti di fase akhir pertandingan Saido Berahino.

Swansea mengakhiri laju lima pertandingan liga tanpa kemenangan ketika mereka mengalahkan Leicester di Stadion Liberty melalui gol di tiap-tiap babak dari Wilfried Bony.

Mereka kini menduduki peringkat keenam sedangkan Leicester, yang belum menorehkan kemenangan dari empat pertandingan sejak kalah 3-5 dari Manchester United sebulan silam, turun ke posisi ke-16, hanya unggul dua angka dari zona degradasi.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014