Manchester, (ANTARA/AFP) - Sir Alex Ferguson berharap Manchester United dapat memberikan respon kilat terhadap kejutan yang mereka alami ketika dikalahkan Wigan Athletic, saat pemuncak klasemen Liga Inggris tersebut menghadapi Aston Villa pada Minggu (15/4).

Jalur United untuk mengamankan trofi gelar juara liga ke-20 sedikit dirusak oleh kekalahan 0-1 dari Wigan di Stadion DW pada Rabu, dan tim peringkat kedua, Manchster City dapat melompati pasukan Ferguson jika mereka mampu menang atas Norwich pada Sabtu.

Tetapi Ferguson yakin timnya akan kembali ke jalur kemenangan saat menghadapi Villa, untuk memastikan mereka tetap unggul lima poin atas City.

"Kami harus meletakkannya (kekalahan dari Wigan) dalam perspektif kecil. Anda kehilangan beberapa poin pada paruh kedua musim. Kami melakukannya selama bertahun-tahun," kata Ferguson.

"Terdapat tahun yang aneh ketika kami melaju tanpa kekalahan, namun beberapa tahun terakhir, kami kalah 1-4 dari Liverpool dan tetap memenangi liga."

"Anda kehilangan beberapa poin saat melaju. Baik City maupun kami sendiri mengalami hal itu. Dari posisi beberapa bulan lalu sampai ke posisi di mana kami berada hari ini, kami harus bergembira."
   
Ia menjelaskan, pertandingan Minggu sangat penting dan harus kembali ke jalur.

"Hal hebat mengenai klub kami adalah kami memulihkan diri dengan cepat, dan kami harus kembali melakukannya," kata dia.

Ferguson menepis klaim manajer City, Roberto Mancini, yang mengatakan bahwa persaingan perebutan gelar juara Liga Inggris telah usai, setelah pria Italia tersebut mengatakan bahwa lima poin merupakan jarak yang terlalu besar untuk dikejar.

"Saya pikir ia mengatakannya pada saat yang salah - masih ada lima pertandingan lagi," kata Ferguson.

"Liga Utama sangat menarik. Pengalaman kami akan membantu kami dan pertandingan Minggu merupakan salah satu (pertandingan) yang harus menjadi fokus."

Salah satu sosok yang absen saat United dikalahkan Wigan adalah Paul Scholes, dan Ferguson juga mendapat kritik karena menepikan gelandang veteran tersebut.

Scholes telah menjadi anggota tim yang berpengaruh di tim sejak ia kembali dari masa pensiun pada Januari, dan akan tampil saat menghadapi Villa.

"Paul telah memperlihatkan pengaruhnya sejak ia kembali, namun saya melakukan hal yang benar dengan mengistirahatkannya pada Rabu. Ia akan segar pada Minggu dan ia akan bermain," tukas Ferguson.

United tidak memiliki masalah cedera baru menjelang pertandingan Minggu di Old Trafford, dengan bek asal Brazil, Rafael da Silva, diharapkan dapat kembali bermain setelah absen saat melawan Wigan.

Sebaliknya, manajer Villa, Alex McLeish, harus berhadapan dengan begitu banyak cedera pada musim ini, dengan absennya Richard Dunne dan Darren Bent, untuk kurun waktu lama, serta Stiliyan Petrov yang harus bertarung melawan penyakit.

Ferguson menyatakan simpatinya pada McLeish - yang merupakan mantan pemainnya saat Fergie masih melatih Aberdeen - di saat Villa hanya berada enam poin di atas zona degradasi.

"Alex mengalami tahun pertama yang berat di klub, tidak dapat membeli pemain-peman dan harus menjual beberapa (pemain)," kata Ferguson.

"Itu menyulitkan jika anda mendapat (pemain) cedera dan ia memiliki sepasang cedera buruk yang membuatnya harus kehilangan Dunne dan Bent, yang gol-gol dari mereka merupakan kehilangan besar."

"Ia mendapat banyak kritik dari para penggemar di Villa Park, namun ia telah menangani semua tekanan dengan sangat baik. Ia adalah manajer yang sangat cakap dan saya harap semuanya akan baik-baik saja terhadapnya."

Dengan ancaman terdepak ke zona degradasi, peluang Villa membawa hasil bagus dari rumah United sangat kecil, namun Mcleish berharap timnya mampu memberi kekecewaan pada tuan rumah.

"Selain hasil dari pertandingan melawan Wigan, United melaju dengan mengagumkan. Merekafenomenal dan banyak orang akan memilih mereka sebagai juara," tutur McLeish.

"Namun mudah-mudahan kami dapat meletakkan kunci pas pada pekerjaan ini. Kami tahu bahwa kami akan menghadapi United yang sangat kuat, namun anda tidak akan pernah tahu apa yang dapat terjadi."
(ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012