Berlin (Antara/AFP) - Arjen Robben mengkonversi penalti pada Sabtu ketika pemuncak klasemen Liga Jerman Bayern Munich meraih kemenangan 2-1 atas Borussia Dortmund, yang sekarang selalu menelan kekalahan pada lima pertandingan terakhirnya di liga.  

Kekalahan ini membuat Dortmund menduduki peringkat ke-16 di klasemen dan berada di zona degradasi, ketika Robben mencetak gol keenamnya pada enam pertandingan terakhirnya melawan Borussia untuk menambah penderitaan mereka.

Dengan tujuh angka dari sepuluh pertandingan pertamanya di liga ini merupakan start terburuk di musim liga sepanjang sejarah Dortmund.

Mereka juga merupakan satu-satunya tim di kompetisi teratas Jerman yang telah menelan tujuh kekalahan pada musim ini.

"Ini berat. Kami berinvestasi banyak dan memainkan babak pertama yang terbaik untuk kurun waktu yang lama dan tetap tidak mendapatkan apa-apa, namun kekalahan ini bukan tidak layak diterima," aku pelatih Dortmund Jurgen Klopp.  

Marco Reus membawa Dortmund memimpin pada babak pertama untuk kemudian kedudukan disamakan oleh penyerang Robert Lewandowski ke gawang bekas klubnya, sebelum Robben mengonversi penalti pada menit ke-85.

"Kami tetap menjaga keunggulan kami di liga, ini merupakan hari besar bagi saya," kata Lewandowski.

"Borussia berada di posisi sulit, namun pada akhirnya mereka akan kembali berada di Liga Champions pada musim depan, saya yakin."

Allianz Arena menampilkan awal pertandingan yang menarik ketika upaya Robben dan pemain Dortmund Henrikh Mkhitaryan membentur tiang gawang pada lima menit pertama.

Reus, yang oleh ketua Bayern Karl-Heinz Rummenigge diakui merupakan sosok pemain yang ingin didatangkan pada akhir musim, menanduk umpan silang Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-31 untuk menjadi gol pembuka.

    
   Bayern menggempur pertahanan Dortmund
Namun dengan mendominasi penguasaan bola, Bayern menggempur pertahanan Dortmund dan kiper mereka Roman Weidenfeller mempertahankan keunggulan timnya melalui serangkaian penyelamatan.

Tuan rumah menyamakan kedudukan ketika Lewandowski menyambar bola liar di tepi kotak penalti, dan melepaskan tembakan ke tiang jauh pada menit ke-72.

Robben kemudian menghancurkan hati Dortmund ketika ia mengkonversi penalti setelah bek tengah Neven Subotic melanggar pemain sayap Bayern Franck Ribery di kotak terlarang.

Robben kembali menghantui Dortmund setelah ia mencetak gol kemenangan pada final Liga Champions 2013, dan ia juga menjadi pencetak gol pada masa tambahan waktu saat Bayern menang 2-0 atas Dortmund di final Piala Jerman yang berlangsung di Berlin pada Mei.

Kemenangan ini membawa Bayern tetap unggul empat angka dan sekarang terdapat selisih sebesar 17 angka antara Munich dan Dortmund di klasemen.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, VfL Wolfsburg naik ke peringkat kedua berkat kemenangan 4-0 atas VfB Stuttgart, ketika mantan gelandang Chelsea Kevin de Bruyne tampil gemilang.

De Bruyne mencetak gol pertamanya musim ini dan berperan besar pada terciptanya du gol lainnya, ketika Wolves mendulang kemenangan beruntun keenamnya di semua kompetisi.

Pemain 23 tahun ini melepaskan tendangan bebas untuk ditanduk Robin Knoche dan membawa timnya unggul 2-0 saat turun minum, setelah pemain internasional Kroasia Ivan Perisic mencetak gol pembuka untuk tim tamu.

Pemain Belgia De Bruyne kemudian melepaskan sepakan voli dari jarak dekat pada menit ke-48 yang berbuah gol, sebelum Moritz Leitner menguasai bola dan memberi umpan untuk dituntaskan Perisic menjadi gol keduanya pada menit ke-88.

Penalti Rafael van der Vaart mengunci kemenangan 1-0 Hamburg atas tamunya Bayer Leverkusen, yang mengangkat tim tuan rumah untuk meninggalkan zona degradasi.

Hamburg memenangi pertandingan yang berlangsung keras yang ditandai dengan keluarnya sembilan kartu kuning - enam di antaranya dikeluarkan wasit pada babak pertama - setelah pecah dua perseteruan.    

Freiburg, yang bermain melawan Cologne pada Minggu, menghuni dasar klasemen setelah Werder Bremen naik ke peringkat ke-17, ketika pelatih sementara Viktor Skripnikas mendapatkan kemenangan pertamanya musim ini.

Mantan penyerang Chelsea dan Wigan Franco di Santo mencetak kedua gol saat mereka menang 2-1 atas Mainz.

Hanover 96 naik ke peringkat keenam berkat kemenangan 1-0 atas Eintracht Frankfurt.

Borussia Moenchengladbach dapat merebut peringkat kedua dan menyamai rekor 40 tahun klub itu dengan mencatatkan 17 pertandingan tanpa kekalahan, ketika mereka menjamu Hoffenheim, yang juga belum kalah di musim ini, pada Minggu.

Pada Jumat, Roberto di Matteo meraih kemenangan ketiganya dari empat pertandingan sebagai pelatih Schalke 04 ketika Klaas-Jan Huntelaar mencetak gol kemenangan mereka di babak pertama saat mereka menang 1-0 atas tamunya Augsburg.

Hasil ini menutupi penampilan buruk "The Royal Blues" yang telah naik ke peringkat ketujuh dari posisi ke-12 di klasemen, sejak Di Matteo mengambil alih jabatan pelatih dari Jens Keller.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014