Mukomuko (Antara) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan membagikan buku pelajaran kurikulum 2013 atau K13 ke SMP dan SMA di daerah itu.

"Sebagian besar buku K13 untuk SMP dan SMA sudah dikirim ke daerah ini. Selanjutnya buku segera dibagikan ke sekolah," kata Kabid Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Suryono, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, buku K13 ini adalah bantuan sosial (Bansos) buku dari pemerintah pusat, melalui rekening bantuan operasional sekolah (BOS) buku.

Buku K13 ini, katanya, untuk tingkat SMP dan SMA seluruh mata pelajaran. Buku ini diberikan kepada siswa dan guru. Namun yang belum ada buku pelajaran Agama.

Untuk tingkat SMP khusus Kelas tujuh dengan rincian buku matematika sebanyak 2.788 eksemplar, buku IPA 2.680 eksempar, buku Penjasolkes 2.670, Seni Budaya 2.672 eksemplar, dan Prakarya 2.668 eksemplar.

Untuk SMA khusus kelas delapan dengan rincian matematika 2.780 eksemplar, IPA 2.778 eksemplar, IPS 2.778 eksemplar, Penjasolkes  2.776 eksemplar. Seni Budaya 2.776 eksemplar, dan Prakarya 2.776 eksemplar.

Ia mengatakan, kemungkinan jumlah buku yang ada saat ini kurang karena data ini diambil data lama. Sehingga di sekolah ada yang kurang dan berlebih.

Bagi siswa yang tidak dapat kebagian buku ini, lanjutnya, tugas pihak sekolah yang mengupayakan menggunakan dana BOS untuk mengandakan buku ini dengan cara di foto copy.

Terkait juknis pembagian buku ini ke sekolah, lanjutnya, akan dilakukan sendiri oleh pihak ketiga yang mengandakan buku ini.

Ia berharap, saat pembagian buku ini kepala sekolah berada di tempat agar tidak ada penyaluran buku yang ganda dan tumpang tindih.

"Kalau hanya staf atau penjaga sekolah, mana tahu dengan masalah itu. Kepala sekolah yang lebih tahu karena ada berita acara penerimaan buku," ujarnya. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014