Sebanyak 10 orang peserta dinyatakan lolos seleksi tahap akhir tes wawancara dan kesehatan untuk calon anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu periode 2023—2028.

"Sesuai petunjuk dari KPU RI, hasil tes wawancara dan kesehatan serta rekam jejak dari masing-masing calon sehingga 10 orang tersebut kami pilih," kata Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Bengkulu Firnandes Maurisya di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Ia mengatakan sebelumnya dari 20 orang peserta calon anggota KPU yang tersisa, sebanyak satu orang tidak direkomendasikan, empat orang direkomendasikan dan 15 orang dipertimbangkan oleh Mabes TNI setelah menjalani tes kesehatan.
 
Firnandes mengatakan sepuluh orang yang lolos seleksi akhir merupakan penyelenggara pemilu aktif yang berasal dari KPU Provinsi Bengkulu, KPU kabupaten/kota, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di wilayah Bengkulu.
 
Kesepuluh 10 nama itu selanjutnya akan diserahkan ke KPU RI pada Sabtu (25/3) dan nantinya KPU RI yang memilih lima nama anggota KPU Provinsi Bengkulu periode 2023—2028.
 
"Besok kami akan menyerahkan 10 nama tersebut ke KPU RI dan nantinya mereka yang menentukan lima orang untuk menjadi anggota KPU Provinsi Bengkulu," ujarnya.
 
Sepuluh calon anggota KPU Bengkulu yang lolos seleksi akhir adalah Alpin Samsen dari KPU Kabupaten Bengkulu Selatan, Brotoseno (KPU Kabupaten Bengkulu Tengah), Debisi Ilhodi (Bawaslu Kabupaten Lebong), Deby Harianto (KPU Kota Bengkulu), Dodi Hendra Supiarso (Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong), Emex Verizoni (KPU Provinsi Bengkulu), Irpanadi (KPU Kabupaten Kaur), Rusman Sudarsono (Bawaslu Kabupaten Kepahiang), Sarjan Efendi dan Nazirwan (keduanya KPU Kabupaten Seluma).

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023