Para penggiat literasi yang bergabung di Komunitas Seluma Literasi (Serasi) mempunyai cara unik dalam mengisi waktu menjelang berbuka puasa, salah satunya dengan menggelar lapak baca gratis di Taman Kota Tais, Kabupaten Seluma. Bengkulu, 
 
Pegiat literasi Seluma, Endang Setiawan mengatakan, biasanya ngabuburit mengisi waktu saat menjelang berbuka puasa sudah sering dilakukan dengan bercengkerama atau menghabiskan waktu di lokasi wisata, namun hal berbeda dilakukan penggiat literasi yang mengajak warga membaca buku sambil menunggu berbuka puasa.
 
"Memang seringkali kami lakukan melapak baca ini, tidak hanya bulan puasa saja namun setiap hari libur juga digelar melapak buku. Ketepatan di bulan ramadhan kami mengajak ngabuburit membaca buku sambil menunggu waktu jelang buka puasa," kata Endang, Sabtu.
 
Pegiat literasi ini tidak hanya melapak buku di satu tempat saja lanjut Endang tapi juga bergerak di desa-desa dan lokasi wisata bahkan juga berkolaborasi bersama karang taruna desa dan komunitas baca yang ada di desa. 
 
"Tujuannya untuk menebarkan virus baca, jangan sampai generasi muda melupakan membaca buku," jelasnya. 
 
Lapak baca itupun didatangi para mahasiswa dan mahasiswi UINFAS yang sedang mengikuti kuliah kerja nyata di Kelurahan Bungamas serta dikunjungi Sintia, Gadis Seluma Favorit 2023.

Pewarta: Sepriandi

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023