Bengkulu,  (Antara) - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Helmi Paman menilai, publikasi terkait hari ulang tahun daerah tersebut yang akan dirayakan pada Selasa 18/11 minim atau kurang sekali.

"Kita lihat publikasi dan informasi ke masyarakat kurang sekali, bahkan ada masyarakat yang tidak tahu bahwa besok hari ulang tahun provinsi," kata dia yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Bengkulu, di Bengkulu, Senin.

Ketidaktahuan masyarakat, kata dia, dapat berdampak pada memudarnya kecintaan terhadap daerah, dan melunturkan semangat untuk membangun.

"Seharusnya dengan informasi yang baik serta tersampaikan, maka dapat meningkatkan rasa cinta daerah yang berlabuh pada jiwa nasionalisme," kata dia.

Pemerintah daerah diharapkan merangkul masyarakat dalam berbagai kegiatan kedaerahan, tidak hanya sebatas seremonial belaka.

"Kita lihat DKI Jakarta, ulang tahunnya begitu meriah, mengapa mereka bisa, seharusnya kita juga dapat merayakan seperti itu," katanya.

Mengenai anggaran, menurut Helmi, untuk HUT Provinsi Bengkulu, sudah ada proporsi anggaran dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

"Coba dibuat acara yang disukai masyarakat, kegiatan pameran, atau perlombaan. Contoh kecilnya yakni, masyarakat suka `gaple` ya dibuat jadi kegiatan. Mereka bersemangat, dengan itu kita bisa promosikan bahwa hari ini (besok) adalah ulang tahun daerah tercinta," ucapnya.

Pada Selasa 18 November 2014, Provinsi Bengkulu akan merayakan ulang tahun yang ke 46, dengan kegiatan puncak yakni upacara, rapat paripurna serta syukuran pada Selasa malam.

Tidak ada kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni seperti jalan santai berhadiah mobil yang pernah diselenggarakan provinsi itu.

***1***

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014