Mukomuko (Antara) - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten mukomuko, Bengkulu, menyetujui anggaran pembelian sedikitnya 40 ekor sapi betina untuk 10 kelompok usaha bersama atau Kube di daerah itu.

"Pembahasan anggaran pembelian sapi betina untuk 10 kube fonal dan disetujui komisi," kata Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mukomuko, Wisnu Hadi di Mukomuko, Rabu.

Program bantuan sapi betina untuk Kube di daerah itu baru pertama kali diusulkan dananya dalam APBD setempat.

Ia mengatakan, bantuan sebanyak 40 ekor sapi betina atau empat ekor sapi betina untuk setiap Kube itu diprioritaskan untuk Kube yang ada di perdesaan.

Menurutnya, sapi betina yang dibeli untuk Kube itu yang sudah menjadi induk sehingga Kube tinggal mengembangkannya.

Namun, katanya, bantuan itu pada akhirnya bukan hanya untuk satu Kube saja tetapi setelah berkembang digulirkan ke Kube lain yang tidak dapat bantuan.

Sementara, lanjutnya, dalam pelaksanaannya kegiatan bantuan sapi betani untuk Kube itu tidak hanya dilepas begitu saja kepada dinas tetapi akan diawasi oleh lembaga ini.

Lembaga itu, lanjutnya, akan turut turun melihat langsung Kube yang menerima bantuan. Agar bantuan itu tepat sasaran.

Kube yang dimaksud, katanya, memenuhi kriteria tidak hanya terdiri dari keluarga warga miskin saja tetapi kelompok itu juga harus mampu memelihara hewan ternak tersebut.

Ia berjanji, jika program bantuan sapi betina berjalan lancar dan bermanfaat untuk kelompok, selanjutnya lembaga akan menganggarkan lagi anggaran yang sama dalam APBD perubahan 2015.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014