London (Antara/AFP) - Gol bunuh diri Kieran Gibbs dan sepakan Wayne Rooney membawa Manchester United kembali ke empat besar Liga Utama Inggris, dengan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Arsenal pada Sabtu.

Arsenal mentargetkan perubahan empat bek United untuk memberikan tekanan berat sepanjang pertandingan di Stadion Emirates, namun intervensi Gibbs membuat tim tamu unggul pada menit ke-56 sebelum Rooney memperbesar keunggulan Setan Merah.

Pemain pengganti Arsenal Oliier Giroud menandai kembalinya dia dari patah kaki dengan mencetak gol pada menit ke-95, namun United mampu mempertahankan keunggulan untuk membuat rival mereka itu tertinggal 15 angka dari pemuncak klasemen Chelsea dengan menduduki peringkat kedelapan.

Untuk menambahi masalah, pasukan Arsene Wenger kehilangan gelandang kunci Jack Wilshere dan kiper Wojciech Szczesny karena cedera, hanya empat hari sebelum pertandingan penting di Liga Champions di mana mereka akan menjamu Borussia Dortmund.

Pelatih United Louis van Gaal memilih untuk menurunkan tiga pemain bertahan yakni Chris Smalling, Paddy McNair, dan Tyler Blackett, dan tim tamu kemudian harus melihat bek kiri Luke Shaw terpincang-pincang setelah pergelangan kakinya terkilir.

Arsenal memborbardir gawang tim tamu dengan tembakan-tembakan, namun kiper United David de Gea mampu menjaga gawangnya dengan baik, khususnya saat ia menggagalkan peluang Wilshere dan Danny Welbeck, yang melakukan penampilan perdana melawan klub yang ia tinggalkan pada September.

Wilshere terpaksa ditarik keluar pada menit ke-55 setelah pergelangan kaki kanannya terkilir saat berduel dengan McNair, dan United membuka keunggulan semenit kemudian.

Szczesny bertubrukan dengan Gibbs ketika ia berupaya menyambut umpan silang Ashley Yong dari sisi kiri, dan ketika Antonio Valencia menggiring bola ke dalam kotak penalti, Gibbs berupaya menjangkau bola dengan kakinya, yang membuat bola mengarah masuk ke gawangnya sendiri.

Szczesny harus ditarik keluar lapangan, dan ia digantikan Emiliano Martinez, dan kiper Argentina itu hanya menjadi penonton sampai Angel di Maria memberi umpan kepada Rooney untuk berlari dan mencungkil bola yang berbuah gol pada menit ke-85.

Giroud menembakkan bola ke sudut gawang dari jarak 19 meter pada masa tambahan waktu yang berdurasi delapan menit, namun United mampu bertahan untuk memberi kemenangan tandang perdana bagi Van Gaal.

Sebelumnya, Diego Costa kembali mencetak gol saat Chelsea membangun keunggulan tujuh angka di puncak klasemen Liga Utama Ingris pada Sabtu, berkat kemenangan 2-0 atas West Bromwich Albion di Stamford Bridge.

Costa mencetak gol ke-11 nya musim ini pada menit ke-11, ketika ia melompat untuk menguasai umpan silang Oscar dari sayap kiri dengan dadanya dan kemudian melepaskan sepakan voli kaki kiri melewati Ben Foster, di mana Eden Hazard menambahi gol kedua sebelum Claudio Yacob diusir keluar lapangan akibat pelanggaran kerasnya terhadap Costa.

    
Toure antar City raih kemenangan

"Ini terasa nyaman, namun saya pikir pada babak pertama kami bermain sangat baik. Pada babak pertama kami semestinya dapat ungul 3-0, 4-0, 5-0," kata pelatih Chelsea Jose Mourinho.

"Namun kualitas sepak bola kami ada di sana. Saya tidak ingat melihat banyak pertandingan sepak bola di dimensi itu."

Kemenangan ini membuat Chelsea menorehkan rekor baru bagi klub yakni 12 pertandingan tanpa kekalahan sejak awal musim.

Pasukan Mourinho sekarang unggul tujuh angka atas tim peringkat kedua Southampton, yang akan mengunjungi markas Aston Villa pada Senin, dan masih unggul delapan angka atas juara bertahan Manchester City, yang menang 2-1 atas tamunya Swansea City.

Wilfried Bony membawa Swansea unggul pada menit kesembilan, namun Stefan Jovetic menyambar umpan silang mendatar Jesus Navas untuk menyamakan kedudukan sepuluh menit kemudian, dan Yaya Toure memberikan kemenangan bagi tuan rumah pada awal babak kedua setelah merangsek menuju kotak penalti.  

"Kami bermain sangat baik dan memiliki banyak peluang untuk mencetak gol ketiga, dan kami bertahan dengan baik," kata pelatih City Manuel Pellegrini. "Ini adalah awal yang sulit karena mereka mencetak gol dengan peluang mereka pada babak pertama." 

Ini merupakan kemenangan kedua City dari tujuh pertandingan. Pasukan Manuel Pellegrini akan menjamu Bayern Munich di Liga Champions pada Selasa, ketika bahkan kemenangan mungkin tidak mampu menghindarkan mereka tersingkir dari fase grup untuk ketiga kalinya dalam empat musim.

Di tempat lain, Newcastle United memasuki empat besar dengan menyingkirkan West Ham United, setelah mereka mencatatkan kemenangan beruntun kelimanya melalui kemenangan 1-0 atas tamunya Queens Park Rangers.

West Ham tersingkir dari zona Liga Champions setelah kalah 1-2 di kandang Everton, di mana Leon Osman mencetak gol kemenangan untuk penampilan ke-400nya bersama klub, setelah Mauro Zarate membatalkan gol pembuka Romelu Lukaku.  

Burnley meninggalkan dasar klasemen setelah Danny Ings mencetak dua gol dari jarak dekat dalam rentang waktu dua menit pada awal babak pertama untuk membuat tim promosi itu menang 2-1 atas Stoke City, yang membalas melalui tandukan Jon Walters pada menit ke-32.

Burnley dan sekarang memiliki koleksi nilai yang sama dengan tim peringkat keempat dari bawah Leicester City, yang bermain imbang 0-0 dengan Sunderland.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014