Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyiapkan dokter untuk melayani pemudik di posko-posko yang disiapkan di jalur mudik Lebaran.

"Kami siap menyediakan dokter dan tenaga medis di setiap posko agar pemudik bisa mendapatkan pertolongan kesehatan yang dibutuhkan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Selasa.

"Untuk jumlah posko nanti menyesuaikan, karena posko Lebaran itu posko terpadu dengan instansi terkait lainnya," kata dia.

Ia mengatakan bahwa dokter dan tenaga medis akan disiagakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik di posko-posko Lebaran yang disiapkan.

"Begitu juga di rumah sakit daerah. Kami juga menyiapkan tenaga medis dan pengaturan sif serta sarana prasarana untuk periode Lebaran H-7 hingga H+7," kata dia.

Dia mengimbau pemudik memanfaatkan layanan kesehatan yang tersedia di posko untuk mengecek kondisi kesehatan selama perjalanan mudik.

"Jangan dipaksakan meneruskan perjalanan ketika kondisi terasa kurang fit. Beristirahatlah pada posko-posko yang telah disediakan," katanya.

"Pemudik juga bisa memeriksakan kondisi kesehatan pada tenaga medis yang siaga di posko sebelum mereka kembali melanjutkan perjalanan," ia menambahkan.

Dia mengemukakan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, posko mudik Lebaran disiapkan di sepanjang Jalur Lintas Barat Sumatera, mulai dari Kabupaten Kaur yang berbatasan dengan Provinsi Lampung hingga Kabupaten Mukomuko yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, ia melanjutkan, posko mudik Lebaran disediakan di Jalur Lintas Tengah Sumatera, dari Kota Bengkulu hingga Kabupaten Rejang Lebong yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan.

"Banyak posko yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat dan memeriksakan diri. Jangan lupa untuk memanfaatkan layanan ini," katanya.

Ia mengatakan bahwa penyediaan posko dan pelayanan kesehatan di jalur mudik Lebaran diharapkan dapat menekan kemungkinan terjadi kecelakaan lalu lintas semasa mudik.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023