Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah melakukan berbagai persiapan untuk mengikuti penilaian kabupaten sehat tahun 2023.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Rephi Meido Satria dalam rapat koordinasi lintas sektor penyelenggaraan kabupaten sehat yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong, Selasa, mengatakan, penilaian kabupaten sehat ini bisa berjalan sesuai harapan jika didukung oleh semua pihak.

"Setelah beberapa kali melakukan rapat antara dinas kesehatan, bapak bupati dengan Forum Kabupaten Sehat saat ini kita sudah mengikuti penilaian Kabupaten Sehat 2023," kata dia.

Dia menjelaskan, persiapan mengikuti penilaian kabupaten sehat ini merupakan pekerjaan bersama dengan melibatkan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya bukan hanya Dinas Kesehatan.

"Karena ini merupakan pekerjaan bersama, kami harapkan penilaian kabupaten sehat untuk Rejang Lebong dapat terlaksana dengan hasil sesuai yang diharapkan," ujarnya berharap.

Penilaian kabupaten/kota sehat ini, kata dia, adalah suatu kondisi wilayah yang bersih, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forum kecamatan dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing desa.

Sementara itu Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi meminta agar pengisian data penilaian Kabupaten Sehat 2023 diisi sesuai fakta yang ada di lapangan, sehingga saat dilakukan peninjauan tidak akan mengecewakan.

"Sebelum dilakukan penilaian nantinya akan ada peninjauan dulu, yang nantinya untuk penilaian diperkirakan pada bulan September nanti, artinya masih ada waktu bagi kita untuk terus mencoba dan berlatih menuju hasil terbaik sesuai yang kita harapkan bersama," ujar dia.

Dia memberikan penekanan kepada Dinas Kesehatan dan OPD terkait lainnya serta desa maupun kelurahan yang akan menjadi penilaian agar mempersiapkan diri, sehingga berbagai unsur penilaian bisa terpenuhi.

Pada penilaian Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2023, terdapat sembilan instrumen penilaian yang harus dipenuhi di antaranya adalah tatanan kehidupan masyarakat sehat, tatanan permukiman dan fasilitas umum, tatanan pasar.

Selanjutnya tatanan satuan pendidikan, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan. Tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial dan tatanan pencegahan dan penanganan bencana.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023