Mukomuko (Antara) - Harga cabai merah di beberapa pasar sayur Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, masih bertahan tinggi Rp70.000 per kilogram menyesuaikan harga beli pedagang dari petani setempat.

"Harga cabai merah saat ini sebesar Rp70.000 per kilogram, sama dengan di beberapa pasar tradisional kelurahan lain," kata pedagang sayur di Pasar Tradisional Kelurahan Koto Jaya, Buyung, Rabu.

Cabai merah yang dijual dengan harga sebesar itu berasal dari kampung setempat dan kondisinya masih bagus.       

"Cabai merah yang kami jual dengan harga Rp70.000 masih bagus, bukan yang sudah busuk," ujarnya.

Ia menerangkan, harga cabai merah yang dijualnya itu masih tinggi karena harga pembelian pedagang kepada petani tanaman cabai di daerah itu juga masih tinggi.

"Kami membeli cabai merah ini kepada petani masih dengan harga tinggi jadi kami jual juga dengan harga sebesar itu," ujarnya.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Hasrafil mengatakan masih tingginya harga cabai merah di daerah itu karena pasokan cabai merah ke pasar tradisional terbatas.

Menurutnya, kalau stok cabai merah banyak di pasar tradisional, dengan sendirinya harga turun. Selain  itu berkurangnya permintaan masyarakat juga dapat menurunkan harga jual cabai merah.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014