Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Bengkulu melibatkan lebih dari 300 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Nala 2023 untuk pengamanan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Tonny Kurniawan usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Nala 2023 di Mapolres Rejang Lebong, Senin, mengatakan Operasi Ketupat Nala ini dilaksanakan selama 14 hari terhitung 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

"Operasi ini telah diawali dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan atau KRYD dimulai dari tanggal 10 sampai dengan 16 April 2023, dan kemudian dilanjutkan pascaoperasi pada tanggal 2 Mei 2023," kata dia.

Dia menjelaskan personel yang diterjunkan dalam Operasi Ketupat Nala 2023 ini mencapai 300 orang yang berasal dari Polres Rejang Lebong dan Polsek jajaran, kemudian anggota TNI, anggota Brimob, petugas dinas kesehatan, dinas perhubungan, BPBD, Orari, Pramuka dan Sentra Komunikasi (Senkom).

Sesuai dengan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kata dia, dalam menjalankan tugasnya pada operasi ini para personel ditekankan untuk melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, mengedepankan langkah humanis, melengkapi diri dengan sarana prasarana pendukung.

Selanjutnya berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, selalu memantau perkembangan situasi lalu lintas serta memperkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait.

Sementara itu, untuk pengamanan di jalur mudik tahun ini Polres Rejang Lebong, tambah dia, mendirikan enam pos pengamanan dan pelayanan kepada pemudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah di wilayah itu.

Adapun enam pos ini terdiri atas Pos Pelayanan (Posyan) berada di Pasar Bang Mego Curup, Posyan di objek wisata Tebing Suban di Kecamatan Curup Timur, kemudian Posyan di objek wisata Danau Mas Harun Bestari (DMHB) di Kecamatan Selupu Rejang dan Posyan di Desa Pelalo, Kecamatan Sindang Kelingi.

Sedangkan untuk Pos Pengamanan (Pospam) akan ditempatkan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel, yakni Pospam di perbatasan di Desa Tanjung Sanai, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) dan satu lagi Pospam Kontainer di Desa Taba Padang Kecamatan Binduriang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023