Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyiagakan dokter spesialis yang ada di rumah sakit daerah selama periode libur Lebaran.
 
"Terutama yang di fasilitas kesehatan rujukan provinsi, Rumah Sakit M Yunus. Ada dokter spesialis yang siaga selama mudik, libur Lebaran dan arus balik," kata Kepala Bidang Pelayanan dan Kesehatan Dinkes Provinsi Bengkulu Edriwan Mansyur, di Bengkulu, Kamis.
 
Edriwan mengatakan terdapat 25 rumah sakit yang di Provinsi Bengkulu yang bisa diakses masyarakat maupun para pemudik yang berkunjung ke Bengkulu.
 
Menurut dia, 25 rumah sakit tersebut tetap siaga selama periode libur Lebaran. Selain itu juga terdapat 179 puskesmas yang siaga di 10 kabupaten kota di Bengkulu.
 
"Terutama puskesmas yang berada di Jalur Lintas Barat Sumatera, yang menjadi jalur mudik wilayah Bengkulu. Pemudik bisa mendapatkan layanan kesehatan di sana," kata dia.
 
Selain itu, akses untuk mendapatkan layanan kesehatan juga bisa menghubungi kontak 119 jika memiliki keluhan dan membutuhkan pelayanan kesehatan.
 
Bagi para pemudik yang masuk ke wilayah Bengkulu, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mengimbau tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19 varian Arcturus yang pada 2023 ini mulai ditemukan kasusnya di Indonesia.
 
"Kami sudah mengimbau dan mengajak masyarakat untuk tidak abai, menerapkan pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan. Dan kami juga tentu berharap dan mengimbau para pemudik juga menerapkan protokol kesehatan demi kesehatan kita bersama," ujarnya Edriwan Mansyur.*

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023