Satuan Pelayanan (Satpel) Terminal Tipe A Simpang Nangka, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mencatat jumlah arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah yang lewat di daerah itu ada 3.247 orang.

Pelaksana tugas (Plt) Koordinator Satpel Terminal Tipe A Simpang Nangka Rio Jangyo saat dihubungi di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan arus balik tersebut berasal dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu yang kembali ke kota tempat mereka bekerja.

"Para pemudik ini kembali ke kota asal atau tempat mereka bekerja setelah melaksanakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di kampung asalnya, jumlah arus balik ini sampai dengan 1 Mei 2023 kemarin mencapai 3.247 orang," kata dia.

Dia menjelaskan arus balik yang lewat Terminal Simpang Nangka ini tercatat sejak tanggal 24 April hingga 1 Mei 2023, di mana para pemudik akan kembali ke kota tempat mereka bekerja baik di kota-kota di Jawa maupun di Sumatera.

Arus balik penumpang kendaraan umum itu, kata dia, meninggalkan Kabupaten Rejang Lebong menggunakan sebanyak 105 unit bus dari beberapa PO Bus yang membuka cabang di Terminal Simpang Nangka Rejang Lebong.

Puncak arus balik di Terminal Simpang Nangka ini terjadi pada Sabtu dan Minggu (29-30/4), dengan jumlah penumpang yang berangkat mencapai 1.199 orang dan pada 1 Mei jumlah penumpangnya sudah kembali normal.

Selain pemudik yang meninggalkan Kabupaten Rejang Lebong, pihaknya juga mencatat selama arus balik ini terdapat 747 orang pemudik yang kembali ke wilayah itu dengan menggunakan 32 armada setelah berlebaran ke luar daerah.

"Untuk pemudik dalam Provinsi Bengkulu yang melewati Terminal Simpang Nangka dengan tujuan beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu tercatat ada 54 orang dengan menggunakan tujuh unit bus, dan mereka yang berangkat ada 47 orang menggunakan tujuh unit bus," demikian Rio Jangyo.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023